kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Lima Tips Menjaga Kesehatan Telinga

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Menjaga kesehatan dan kebersihan telinga dapat menghindarkan anda dari masalah pada telinga, seperti telinga berdenging, gangguan pendengaran hingga infeksi telinga.

Kendati demikian masih banyak orang yang bingung cara membersihkan dan merawat kesehatan telinga yang benar. Berikut tips menjaga kesehatan telinga:

Pemprov Sulsel

1. Hindari membersihkan telinga dengan Cotton Bud

Mayoritas masyarakat menganggap membersihkan telinga dengan cotton bud adalah cara yang ampuh dan benar untuk menghilangkan kotoran pada rongga telinga. Sayangnya cara ini dianggap kurang baik dan dapat menimbulkan masalah baru. 

Pasalnya, membersihkan telinga dengan cotton bud bisa membuat kotoran telinga terdorong ke bagian dalam telinga, sehingga membuatnya semakin masuk ke dalam dan mengendap. Maka dari itu, kamu hanya perlu membersihkan pada daun telinganya saja.

2.Hindari Telinga dari Suara Keras Terlalu Lama

Hindari telinga mendengarkan suara keras dalam jangka panjang. Hal ini dapat berpengaruh pada pendengaran, sebab terlalu lama berada di lingkungan bising dapat membuat pendengaran berkurang hingga menjadi tuli. 

Jika terpaksa harus berada di lingkungan yang bising, seperti bekerja di pabrik, sebaiknya Anda menggunakan pelindung telinga.

3. Jaga Telinga Agar Tetap Kering

Kondisi telinga yang sering basah atau terlalu lembab memungkinkan bakteri dan jamur berkembang biak di dalam telinga. Hal ini akan memicu iritasi dan infeksi pada telinga.

4. Hindari Penggunaan Earphone yang Lama

Jika Anda memiliki kebiasaan mendengarkan musik menggunakan earphone, sebaiknya tidak dalam jangka waktu 1 jam secara terus menerus. Hal ini jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama dapat berdampak pada kemampuan pendengaran. 

Sebaiknya saat mendengarkan musik dengan Earphon beri waktu pada telinga untuk beristirahat sekitar 5 menit sebelum mendengarkan musik kembali.

5. Lakukan pemeriksaan telinga secara rutin

Pemeriksaan telinga ke dokter THT secara rutin juga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga dan mendeteksi bila ada gangguan pada telinga. Pada pemeriksaan ini, dokter akan mengevaluasi kondisi kesehatan telinga dan fungsi pendengaran dengan melakukan pemeriksaan fisik pada telinga serta tes pendengaran.

Untuk diketahui, sebenarnya telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan kotorannya sendiri, cukup bersihkan telinga di bagian daun telinga saja. Namun jika Anda merasa kotoran di telinga Anda sudah menumpuk sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter THT untuk dilakukan pemeriksaan dan pembersihan yang benar. 

Semoga bermanfaat. 

PDAM Makassar