kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Lily A Salurapa Membuat Ni Made Mengagumi Adat Budaya Toraja

banner 468x60

KabarToraya.com — Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sulsel  Lily Amelia Salurapa',  Sekretaris Toraja Tourism Board Panca R Sarungu bersama dengan rektor UKI Toraja  Jonathan L Parapak menerima kunjungan Deputi Bidang Pemasaran Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif  Ni Made Ayu Marthini dan Dubes Maroko untuk Indonesia, Ouadia Benabdella.

Usai menghadiri Workshop dan inagurasi pariwisata serta prodi kopi di kampus UKI Toraja dilanjutkan melayat ke upacara Adat Rambu Solo' Alm. Ely Pamalingan di Ke'te' Kesu' kecamatan Kesu' Kab. Toraja Utara, (Senin,26/6/23).

Pemprov Sulsel

Dari sela sela kegiatan melayat Lily Amelia  Salurapa' dalam perbincangannya dengan Ouadia Benabdella mengatakan bahwa Dubes Maroko ini sangat mengangumi Toraja dan menganggap bahwa adat budaya Toraja itu sangat unik.

"Seperti yang di katakan bahwa Ouadia Benabdella sudah tujuh tahun berada di Indonesia dan baru kali ini menginjakkan kaki ke Toraja, Dia katakan Toraja itu Unik, dan dia sangat senang dan suka dengan masakan Toraja" ungkap Lily dengan menerjemahkan ucapan dari Dubes Maroko.

Lily Amelia Salurapa' yang juga Sebagai Ketua Toraja Tourism Board ini menghadirkan Dubes Maroko dan Juga Deputi Bidang Pemasaran (Kemenparekraf) berharap adat dan budaya Toraja bisa di promosikan baik itu dalam negeri maupun luar negeri sehingga banyak lagi turis mancanegara yang berkunjung kedepan dan bisa membawah dampak positif bagi masyarakat Toraja.

Sementara itu, Ni Made Ayu Marthini sungguh mengagumi keunikan dari adat budaya Toraja dan menurutnya adat dan budaya Toraja  bisa dijadikan sebuah destinasi yang luar biasa, dan  berjanji akan mempromosikan budaya Toraja agar tetap  

"Sungguh kagum, saya hanya lihat ini di TV, Buku, Majalah, saya yang berada langsung di sini merasa waw.., melihat adat ini luar biasa  saya bergetir bahwa ini bisa dijadikan destinasi yang bisa diandalkan karena unik, dan tidak ada seperti ini" tutur Ni Made 

Dirinya merasa sangat beruntung bisa menghadiri dan menyaksikan langsung acara adat rambu Solo' dan menurutnya event seperti ini akan menarik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga dirinya berniat untuk mengembalikan kejayaan Toraja yang dulu.

"Kita harus kembalikan kejayaan toraja yang dulu, kita harus  Kolaborasi untuk bisa menjadikan ini sebagai Destinasi dan hari ini saya bawah tim untuk kami promosikan  sehingga orang luar tahu mengenai adat dan kebudayaan Toraja seperti ini" tangkasnya.

PDAM Makassar