kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Lestarikan Olahraga Tradisional, Dispora Bersama KORMI Jeneponto Menggelar Coaching Silat Budaya 2023

banner 468x60

KabarSelatan.idDinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kabupaten Jeneponto terus berupaya melestarikan Olahraga Tradisional. Salah satu bentuk komitmennya adalah menyelenggarakan "Coaching Silat Budaya 2023" di Gedung PKK Jeneponto. Kamis, (25/5).

Untuk mendukung langkah ini, Dispora mengajak serta Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jeneponto untuk berkolaborasi dalam kegiatan tersebut.

Pemprov Sulsel

Pelatihan berbasis Olahraga Tradisional Pelajar ini pun diikuti sebanyak 55 pelajar dari berbagai sekolah di Kabupaten Jeneponto. Dimana, setiap sekolah di tingkat Kecamatan mengirimkan lima perwakilannya. Terdiri, seorang guru dan empat siswa yang ditetapkan sebagai lokus pengembangan Olahraga Tradisional.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 Wita ini pun dibuka secara resmi oleh Sekertaris Daerah Jeneponto Muh Arifin Nur sekaligus Ketua Umum KORMI Jeneponto bersama Sekertaris Umumnya, Suardi. A Kahar.

Tak hanya itu, acara ini juga turut dihadiri Kepala Dinas Pemuda Olahraga Jeneponto HM. Yusuf Pakihi serta Ketua Umum KONI Alamsyah Mahadi Kulle.

Pemandangan apik pun terjadi karena dua Ketua Umum KORMI dan KONI didampingi masing- masing Sekretaris Umumnya.

Fasilitator yang dikomandoi Sekretaris Dispora Rusman M. Rukka ini juga menghadirkan Tim Instruktur Guru Besar Silat Budaya Mata Bassi Indonesia Tajuddin, S.Pd.I Daeng Tarru.

Ketua Umum KORMI Jeneponto Muh Arifin Nur menjelaskan Silat budaya merupakan perpaduan antara seni bela diri, keindahan gerakan, kearifan lokal dan kebersamaan sehingga Olahraga tradisional ini sangat penting.

" Untuk itu, kita perlu melestarikan budaya ini agar tak mengalami kepunahan dan terhapus oleh waktu dan perkembangan dunia digital," ujarnya.

Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada peserta yang mau belajar, menggali dan mendalami lebih jauh warisan budaya leluhur kita.

"Kalian adalah perwakilan generasi saat ini yang termasuk sebagai penjaga dan pelestari silat budaya ini dan kita semua bersyukur karena kalian telah memilih untuk menghidupkan kembali olahraga tradisional ini," ucap Muh Arifin Nur.

Sementara itu, Sekertaris Umum KORMI Suardi A. Kahar mengatakan "Kami memilih tema Silat Budaya karena menyadari betul watak dasar masyarakat Turatea Jeneponto yang berjiwa petarung," ucapnya.

Lebih lanjut, pelatihan Silat Budaya ini merupakan kelanjutan sosialisasi olahraga tradisional pelajar sebagai Rangkaian Bupati Cup I Jeneponto 2023 yang pada puncaknya nanti adalah pagelaran festival akbar yang memperlombakan segmen lokal dan regional," jelas Suardi A. Kahar.

Pada penyelenggaran Festival Olahraga Tradisional Bupati Cup I Jeneponto 2023 nanti, pihak penyelenggara bakal menyiapkan hadiah istimewa berupa emas batangan yang dikonversi menjadi tabungan emas yang di sponsori Pegadaian Cabang Jeneponto," tutupnya.

PDAM Makassar