kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Lapas Takalar Bangun CarWash Bagi Warga Binaan

Lapas Takalar Bangun CarWash Bagi Warga Binaan
(Foto : ist)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan terus aktif mengembangkan kegiatan pembinaan untuk warga binaannya. Terbaru, dibuat tempat pencucian untuk kendaraan roda 2 dan 4 yang diberi nama Laskar CarWash.

Laskar CarWash yang dibuat oleh Kepala Lapas kelas llB Takalar, Ashari ini, terletak di sudut jalan pintu keluar parkiran pembesuk Lapas.

Pemprov Sulsel

Ashari yang menjabat kurang lebih 2 tahun sebagai Kalapas, merubah total parkiran menjadi tempat pencucian motor dan mobil. Kini masyarakat Takalar dapat membawa kendaraanya untuk dicuci oleh warga binaan Lapas kelas llB Takalar.

Saat di konfirmasi, Ashari mengungkapkan, dibukanya CarWash ini dilakukan untuk meningkatkan kemandirian warga binaan, agar mereka memiliki kemampuan dan keterampilan sebelum keluar dari Lapas. Napi yang ditugaskan pun sudah dipercaya, sehingga tidak perlu khawatir mereka memanfaatkan kesempatan.

“Warga binaan itu kami lihat dahulu kasusnya seperti apa, untuk bisa dijadikan curvei (asimilasi luar tembok) untuk dijadikan bagian cuci di pelataran Lapas Takalar,” ucapnya, Jumat (16/2).

Dengan harga yang terjangkau, diyakini bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat sekitar.

Salah satu warga Takalar, Maliki sanre saat di wawancara, mengaku bahwa ini pertama kalinya ia membawa motornya untuk di cuci di Lapas. Ia pun merasa puas, ditambah harganya terjangkau hanya Rp15 ribu.

“Harga murah, tapi bersih cara cuciannya, mesin airnya bagus tawwa, ada pula cair pengkilap,” tuturnya.

PDAM Makassar