kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Kunker Di Jepang, Ini Hasil Pertemuan Lily dan Mr Kawano Yoshihiro

banner 468x60

KabarToraya.com — Anggota DPD RI Lily Amelia Salurapa melakukan kunjungan kerja di Jepang dan melakukan pertemuan langsung dengan the Chairman of Committee on General Affairs, Mr. Kawano Yoshihiro, pada 15 Juni 2023.

Dalam kunjungan kerjanya, Lily Salurapa bersama rombongan Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD RI menyempatkan untuk lebih mendalami hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang.

Pemprov Sulsel

"Di Jepang kita dapat melihat bagaimana pemerintah daerah disana bisa mandiri dan tidak bergantung dengan pemerintah pusat dalam berbagai hal, dimana didalamnya soal perpajang dan pendapat asli daerah mereka. Selain itu Di Jepang, pemerintah pusat dan pemerintah daerah mempunyai kedudukan yang sama. Pemerintah pusat tidak dalam posisi dapat mengawasi atau mengevaluasi pemerintah daerah," tandas Lily yang merupakan salahsatu srikandi asal Sulsel.

Senator berdarah Toraja itu melihat sistem pemerintahan daerah yang tidak bergantung dari pemerintah pusat. Ia membeberkan hasil kunjungan kerjannya di Jepang jika ada perwakilan setiap daerah di parlemen yakni Majelis Tinggi (Sangi'in) yang menyampaikan aspirasi pemerintah daerah ke pusat dan diakomodir.

"Ada pajak yang dikumpulkan oleh pemerintah pusat 60 persen dan ada pajak yang dikumpulkan pemerintah daerah 40 persen. Dari keseluruhan pajak tersebut, penggunaan untuk pemerintah daerah lebih besar daripada pemerintah pusat. Pusat hanya menggunakan kurang lebih 45 persen sedangkan kurang lebih 55 persennya digunakan daerah," kata Lily.

Daerah yang kemampuan keuangannya tinggi tidak mendapatkan subsidi dari pusat. Sebagai contoh, Tokyo mempunyai pendapatan tinggi sehingga tidak menerima subsidi dari pusat.

Lily Salurapa berharap negara Indonesia bisa juga melihat dan mempelajari sistem yang ada di pemerintahan Jepang. Dimana daerah tidak bergantung kepada pusat namun sistem kontorling terjaga dengan baik pula.

Sebelum kunjungan kerja ke Jepang, lily yang merupakan senator di Komite 3 ini lebih dahulu melakukan kunjungannya di Kamboja.

PDAM Makassar