kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

KPU Pastikan Rekrutmen Badan Adhoc Profesional dan Transparan

banner 468x60

KabarMakassar.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menjamin panitia seleksi PPK bekerja profesional dan transparan. 

Hal ini ditegaskan oleh Komisioner KPU Makassar, Endang Sari. Menurutnya sistem seleksi badan Adhoc akan dilakukan menggunakan sistem computer asisted test (CAT).

Pemprov Sulsel

Endang Sari menegaskan, Panitia Rekrutmen Badan adhoc yang dibentuk KPU memiliki integritas dalam melaksanakan tugasnya secara profesional.

"Kita memang membuka seluas-luasanya kepada publik dan masyarakat agar terlibat dalam pengawasan demi terwujudnya transparansi dalam rekrutmen PPK dan PPS," ungkap Endang kepada Kabarmakassar.com, Rabu (07/12).

Diketahui, peserta calon PPK yang mengikuti tes CAT terbagi beberapa gelombang. Setiap sesi ada hasil yang ditampilkan dan langsung diprint kemudian dipasang di papan pengumuman. Mereka yang lolos akan mengikuti tahapan berikutnya.

Senada, Komisioner KPU Sulsel, Fatmawati Rahim mengatakan, KPU melakukan seleksi dengan transparansi, dimana setiap peserta seleksi Badan Adhoc dapat langsung melihat nilai yang diraih.

""Jadi peserta bisa melihat langsung nilainya, itu transparansinya. Begitu selesai sesi pertama di print, ditempel, masuk lagi sesi kedua dan sesi ketiga, begitu semua," ujarnya Selasa, (06/12).

Tak hanya itu, soal yang diberikan juga langsung dari KPU RI, serta admin yang bertugas sebagai operator telah diikat melalui pakta integritas. 

"Tidak ada yang bisa melihat soal, kecuali peserta yang melihat di layar monitornya," terangnya.

"Jadi sudah ada prosedur keamanan. Tiga jam sebelum turun dari KPU RI, diatur dalam aplikasi itu ada formasinya. Setiap sesi, setiap orang dalam kelas itu berbeda soalnya," sambungnya.

Tak hanya itu, pengawasan ujian tes CAT juga berlangsung ketat. Di mana pengawas merupakan dari Badan Pengawas Pemilu Kabupaten dan Kota serta perwakilan dari KPU Provinsi.

"Dari Bawaslu, kemudian dari KPU Provinsi juga turun. Kemudian kabupaten kota masing masing menugaskan petugas penanggung jawab kelas," paparnya.

Sementara terkait pengumuman dan penetapan petugas badan Adhoc, akan di umumkan 10 – 11 Desember 2022.

"Adapun pengumuman penetapan petugas badan Ad Hoc akan disampaikan sekitar tanggal 10 – 11 Desember 2022. Tiga hari dari pelaksanaan ujian, sekitar tanggal 10-11," pungkasnya.

PDAM Makassar