kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

KPK OTT 25 Orang Terkait Dugaan Korupsi Pembangunan Proyek KA Sulsel

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap 25 orang terkait dugaan korupsi proyek pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi.

Dari 25 orang yang terjaring OTT, salah satunya yakni pejabat Direktorat Jenderal Kereta Api (DJKA) Kementerian Perhubungan.

Pemprov Sulsel

Hal itu dibenarkan Plt Jubir KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi KabarMakassar.com – jaringan KabarBugis.id, Kamis (13/4).

"Iya benar ada OTT 25 orang. Mereka diamankan di Semarang, Jakarta, Jawa Barat, dan Surabaya," ujar Ali Fikri, yang juga Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu.

"Dugaan korupsinya terkait pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi dan proyek-proyek perbaikan perlintasan kereta api lainnya di DJKA Kementerian Perhubungan,” tambahnya.

Dalam operasi tangkap tangan (OTT) tersebut, penyidik KPK turut menyita sejumlah uang sebagai barang bukti.

"KPK juga mengamankan uang sebagai barang bukti permulaan sekitar miliaran rupiah. Dan juga uang ribuan dolar Amerika," ungkapnya.

Dibeberkan Ali Fikri bahwa 25 orang yang terjaring dalam OTT tersebut terdiri atas pejabat pembuat komitmen dan pejabat terkait lainnya serta para pihak swasta.

"Selanjutnya nanti kami sampaikan perkembangannya," tandas Ali Fikri.

Sementara itu, diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi)  meresmikan pengoperasian jalur kereta api Makassar-Parepare yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada hari, Rabu (29/03) lalu.

Jalur kereta api dengan panjang mencapai 145 kilometer itu sementara terbangun sepanjang 120 kilometer dan yang siap dioperasikan yakni sepanjang 80 kilometer dari Stasiun Maros hingga Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini saya resmikan pengoperasian jalur kereta api Makassar-Parepare antar Maros Baru dan Depo kereta api Maros," sebut Jokowi saat meresmikan pengoperasian jalur kereta api Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan,  dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (29/03).

Dimana Jokowi menyebut pemerintah berencana membangun jalur kereta api Trans Sulawesi yang akan menyambung hingga ke Manado, Sulawesi Utara.

PDAM Makassar