kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Komandan Kodim 1414 Tator Menjalin Kerjasama Dengan Desa Uluwai

banner 468x60

KabarToraya.com — Komandan Kodim 1414 Tana Toraja Letkol Inf Monfi Ade Chandra, menjalin kerja sama dengan Pemerintah Lembang (Desa) Uluwai, Tana Toraja melalui Program Ketahanan Pangan, Selasa (10/9).

Menurutnya, program ini merupakan bentuk kepedulian TNI AD terhadap ketahanan pangan serta bentu kecintaan TNI Terhadap Mayarakat.

Pemprov Sulsel

"Juga bagaimana TNI bisa dekat dan hadir ditengah-tengah masyaraka," pungkasnya.

Tidak hanya itu, ia menjelaskan bahwa dengan sistem pola tanam semusim yang dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya  memberikan hasil panen yang memuaskan para petani, bahkan hasil panen gabah bisa mencapai dua kali lipat dari hasil sebelum program ini di jalankan.

"Pola tanam semusim ada pola tanam padi serempak yang dilaksanan dalam satu musim tanam dalam satumusim dengan proses pembajakan dibantu dan didampingi oleh pemerintah desa  dan TNI AD. Total 45 unit traktor tangan yang digunakan membajak sekitar 120 ha sawah," jelasnya.

Jika tahun-tahun sebelumnya masyarakat di Lembang Uluwai bertanam dengan pola tanam tidak teratur, ada yang  menanam, ada yang sudah panen. Ada yang masih membajak sehingga sangat berpengaruh pada hasil panen, dan juga pengendalian hama lebih sulit. 

Geso salah satu warga Desa Uluwai mengatakan dengan adanya Program Ketahanan Pangan pihaknya merasa sangat terbantu.

"Sejak pola tanam semusim di Desa ini, kami sudah tidak perna mangramba menjaga burung pipit lagi di sawah, kami sebagai petani sangat terbantu," ucapnya.

Sementara Kepala Lembang Uluwai YP. Parassa, ia berharap dengan adanya kerja sama dengan TNI, tidak hanya dibidang pertanian saja, karena banyak potensi di Desa ini membutuhkan sinergi antara Pemerintah dan TNI.

"Sehingga Uluwai bisa semakin maju, rakyatnya sejahtera dan bahagia," bebernya.

 

 

PDAM Makassar