kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Kisah Kakek Harjo, CJH Berusia 80 Tahun yang Berangkat Haji

banner 468x60

KabarMakassar.com — Kakek Harjo, Calon Jemaah Haji (CJH) yang berusia 80 tahun akhirnya berangkat ke tanah suci setelah 12 tahun lamanya menunggu.

Jemaah asal Papua yang tergabung dalam keberangkatan Kloter 19 Embarkasi Haji Makassar itu mengungkap rasa syukurnya karena akhirnya berangkat ke tanah suci Mekah.

Pemprov Sulsel

Harjo Suwito mengaku sangat senang ketika namanya sudah masuk kedalam daftar tunggu.

"Saya menunggu ke tanah suci 10 tahun, Alhamdulillah sangat senang walau sempat tertunda 2 tahun sekarang sudah bisa Alhamdulillah," ungkapnya, Selasa (05/06).

Selain itu, Kakek Harjo empat cemas saat keberangkatannya selama dua tahun akibat Covid-19,  ia mengkhawatirkan usianya yang sangat tua dan takut apabila meninggal sebelum ke tanah suci.

"Saya takutnya belum berangkat dan sudah meninggal, saya takutnya begitu, yah bagaimana to umurnya sudah 80 tahun, untung sekarang masih sehat Alhamdulillah" ungkapnya

Lebih lanjut Kakek Harjo menceritakan kisahnya sebagai seorang perantau dan berkebun di Papua. Ia merantua meninggalkan kampung halamannya di Jawa Tengah, dan masuk ke Papua untuk berkebun. Dari hasil perkebunannya itulah ia tabung untuk mendaftar berangkat ke tanah suci

"Saya itu masuk Papua tahun 2007 sampai sekarang, saya daftarnya disana, asalnya saya dari Jawa Tengah terus ke Papua berekebun," ujarnya.

Hingga saat ini Embarkasi Haji Makassar telah memberangkatkan jemaah sebanyak 19 kloter dari total 41 kloter pemberangkatan.

PDAM Makassar