kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Khofifah Indar Parawansa Tokoh Perempuan Berpengaruh di KTI Bertemu CEO KGI

banner 468x60

KabarMakassar.com — Tokoh peraih KabarMakassar Award Utama 2022, Khofifah Indar Parawansa yang juga Gubernur Jawa Timur bertemu dengan Founder dan CEO Kabar Grup Indonesia Upi Asmaradhana, bersama jajaran direksi dan kru KabarJawa.com members KGI Network di Gedung Negara Grahadi, Surabaya Jawa Timur, Kamis (25/05) malam.

Pertemuan yang berlangsung selama tiga jam itu juga disertai penyerahan Piagam KabarMakassar Award kepada Khofifah Indar Parawansa, sebagai tokoh Perempuan Berpengaruh Indonesia Timur tahun 2022.

Pemprov Sulsel

Sebelumnya Khofifah dinobatkan sebagai Peraih KabarMakassar Award 2022 karena konstribusinya sebagai tokoh inspirasi perempuan Indonesia.

Khofifah dinilai menjadi simbol sosok perempuan yang konsisten berjuang untuk kesetaraan dan kemajuan daerah.

Khofifah dinilai panel juri independen dan newsroom KabarMakassar dan KGI Network selama tahun 2022 memiliki sejumlah prestasi dan menjadikan dirinya sebagai pemimpin perempuan yang berkarakter bukan hanya di Jawa Timur, tapi juga secara nasional.

Sosoknya yang sederhana dinilai menginspirasi perempuan-perempuan di kawasan timur Indonesia.

Penghargaan ini sejatinya diterima tahun lalu, pada saat puncak ulang tahun KabarMakassar yang berlangsung Kota Makassar, pada 29 Agustus 2023 lalu namun karena Khofifah berhalangan hadir akhirnya Award dalam bentuk piagam dan baru diserahkan langsung di Surabaya, di sela-sela acara Jatim Media Summit 2023.

Selain berdiskusi dan menerima Award, Khofifah juga mengajak rombongan KGI Network berkeliling di bagian belakang Grahadi dan menjelaskan sejarah gedung berusia ratusan tahun tersebut.

Khofifah juga menjamu tamu dengan hidangan buah yang disiapkan dan diracik khusus Khofifah.

Khofifah yang dinobatkan sebagai tokoh Perempuan berpengaruh dari Indonesia Timur berharap kolaborasi bersama semua elemen bangsa menjadi sangat penting buat kemajuan Indonesia

"Apresiasi ini semoga menjadi cambuk untuk berbuat buat Bangsa dan negara," pungkasnya.

Kabar Makassar Award atau KM Award adalah ajang tahunan yang digelar setiap tahun dalam rangka peringatan ulang tahun media kabarmakassar.com, salah satu pelopor media online di Indonesia Timur. KabarMakassar yang berada di bawah naungan holding PT Kabar Grup Indonesia lahir 29 Agustus 2009 silam.

Inilah Profil Khofifah Indar Parawansa yang Ditetapkan Sebagai Tokoh Perempuan Berpengaruh di Indonesia Timur : 

Khofifah lahir di Surabaya pada 19 Mei 1965. Istri dari Indar Parawansa itu menyelesaikan pendidikan sejak bangku SD hingga perguruan tinggi di Surabaya.

Pada 1984, Khofifah mengambil gelar sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Airlangga. Ditahun yang sama Khofifah juga mengambil gelar sarjana di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah, Surabaya.

Setelah menyelesaikan kuliah di dua perguruan tinggi, Khofifah melanjutkan pendidikan magister Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Indonesia dan berhasil lulus pada 1997.

Khofifah memulai karir politiknya menjadi pimpinan fraksi PPP DPR RI pada 1992 hingga 1997. Selama berada di parlemen, Khofifah juga sempat menjadi anggota Komisi II dan pimpinan Komisi VIII DPR RI.

Puncak karirnya sebagai wakil rakyat, Khofifah dipercaya menjadi Wakil Ketua DPR RI pada 1999.

Di masa kepemimpinan Presiden Gus Dur, Khofifah ditunjuk menjadi Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan sekaligus Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional dari 1999 hingga 2001.

Setelah mengemban dua jabatan penting negara, Khofifah kembali menjadi wakil rakyat sejak 2004 hingga 2006.

Pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Khofifah dipercaya menjadi Menteri Sosial. Hanya empat tahun Khofifah menjadi Menteri Sosial hingga akhirnya terpilih sebagai Gubernur Jawa Timur dalam Pilkada Jawa Timur periode 2019-2024.

Khofifah yang berpasangan dengan EMil Elistyanto Dardak berhasi mengungguli pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno.

Pilkada Jawa Timur 2019 merupakan kontestasi politik Jawa Timur kedua yang diikuti oleh Khofifah. Pada Pilkada Jatim 2013, Khofifah mengikuti pemilihan namun gagal. Baru di periode 2019 Khofifah memenangkan kontestasi tersebut.

Sepak terjang Khofifah di dunia sosial dan politik yang membuat Ketua PBNU, Yahya Cholil Staquf memilihnya masuk dalam kepengurusan PBNU. Kini, Khofifah dipercaya menjadi Ketua Tanfidziyah PBNU periode 2022-2027.

PDAM Makassar