kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Keutamaan Sholat Tarawih di Malam Pertama

Keutamaan Sholat Tarawih di Malam Pertama
(Foto : INT).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pada bulan ramadhan kita dianjurkan melakukan ibadah sholat tarawih, yang memiliki banyak keutamaan disetiap malamnya.

Pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan adalah salat Tarawih. Salat Tarawih memiliki keutamaan sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam:

Pemprov Sulsel

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
“Barangsiapa yang salat malam di bulan Ramadhan (salat tarawih) karena keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, maka diampunkanlah dosa-dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)

Menurut sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib ra, ia berkata bahwa “Nabi SAW ditanya tentang keutamaan-keutamaan Tarawih di bulan Ramadhan. Kemudian beliau bersabda: selain mendapat pahala juga mendapat keutamaan yang sangat mulia. Setiap malam berbeda-beda keutamaan yang didapatnya,”

Keutamaan di malam pertama yakni
يَخْرُجُ الْمُؤْمِنُ مِنْ ذَنْبِهِ فِى اَوَّلِ لَيْلَةٍ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ اُمُّهُ

Artinya: “Pada malam pertama, dosa orang mukmin (yang melakukan tarawih) akan keluar seperti ketika ibunya melahirkan ia ke dunia.

Banyak keutamaan yang didapat ketika kita melaksanakan ibadah tarawih mulai dari malam pertama hingga malan terakhir.

PDAM Makassar