kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Ketua KPU Pinrang Garansi Pemilu 2024 Akan Bahagia

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Ketua KPU Pinrang, Alamsyah menggaransi pemilu serentak 2024 mendatang akan berjalan lancar tanpa ada hambatan.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Pinrang Alamsyah pada acara Dialog Demokrasi HMI Cabang Pinrang di ballroom MS Hotel Pinrang, Senin (6/2) malam.

Pemprov Sulsel

"Kami garansikan, pemilu 2024 mendatang akan bahagia. Seperti salah satu kalimat pada Hymne HMI 'bahagia HMI'," kata Alamsyah saat didaulat sebagai salah satu narasumber.

Dirinya mengatakan, hal itu terlihat dua periode pihaknya menjadi komisioner KPU Pinrang, pesta demokrasi senantiasa berjalan dengan baik.

"Dua periode saya di KPU Pinrang, alhamdulillah berjalan lancar," ungkapnya.

Bahkan dirinya bersama anggota KPU lainya tak pernah dilakukan pemanggilan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) karena dianggap tidak melakukan pelanggaran saat menjadi penyelenggara pemilu.

"Hilangnya kotak suara di Pinrang tidak ada. Di 2019 kami digugat terkait suara siluman dan seterusnya. Oknum yang main mata itu tidak terbukti. Karena tudingan itu harus dibuktikan melalui jalurnya," bebernya.

Selain itu, Alamsyah berharap seluruh masyarakat Pinrang ikut terlibat dalam mensukseskan pemilu 2024 mendatang.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Pinrang Andi Fitriani Bakri mengatakan tantangan kita pada pemilihan umum 2024 adalah Pileg dan Pilpres, karena lima surat suara sekaligus yang harus dicoblos. 

Ia berharap semua pihak agar turut andil dalam melakukan pengawasan pada pemilihan umum mendatang. Fitriani menilai personil pengawas pemilu hingga tingkat desa/kelurahan terbatas.

"Anggota pengawas kami terbatas. Kami di Kabupaten tiga orang, di kecamatan tiga dan di desa/kelurahan cuman satu orang. Bantu kami untuk mengawasi," harapnya.

Fitriani mengingatkan jika menemukan terjadi kecurangan saat pelaksanaan pemilu mendatang, masyarakat tidak sungkan untuk melaporkan ke pihaknya. Karena dirinya membuka ruang semua pihak untuk melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bawaslu dalam pengawasan.

"Kami membuka ruang untuk MoU terutama dengan HMI dalam pengawasan pemilu mendatang," pungkasnya.

Untuk diketahui selain KPU dan Bawaslu Pinrang dalam dialog demokrasi tersebut turut menjadi narasumber yakni Dandim 1404 Pinrang Letkol Inf Aris Barunawan dan Kapolres Pinrang AKBP Santiaji Kartasasmita dan Ketua Badko HMI Sulselbar Rudi Hartono sebagai pembanding yang dipandu oleh Advokat Baharuddin SH. Dihadiri oleh KNPI, berbagai OKP, dan organisasi kemahasiswaan di Kabupaten Pinrang.

PDAM Makassar