kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Ketua DPRD Makassar Apresiasi Magical Toraja

banner 468x60

KabarMakassar.com — Pembukaan Event Magical Toraja yang diselenggarakan Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) berlangsung meriah.

Pembukaan berlangsung di lapangan Bakti Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Rabu (25/8), menampilkan sejumlah parade seni.

Pemprov Sulsel

Diantaranya, Carnaval Fashion Budaya, dan menampilkan busana Toraja desain kreasi. Ada juga Devile Kontingan Pengurus PMTI dari berbagai Provinsi.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah utusan dari pemerintah pusat, Forkopimda Sulsel, Forkopimda Toraja Utara dan Tana Toraja.

Diantaranya, Menteri Pariwisata diwakili Direktur Poltekpar Makassar, perwakilan Gubernur Sulsel, Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dan Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo.

Juga turut hadir, Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs Nana Sudjana dan Pangdam XIV Hasanuddin diwakili Danrem 141 Toddopuli Brigadir Jenderal TNI Djashar Djamil serta sejumlah Bupati dan Pimpinan/Anggota DPRD.

Pembukaan ditandai dengan menabuh gendang oleh Ketua Umum PMTI didampingi forkopimda Sulsel, Tana Toraja dan Toraja Utara.

Walikota Makassar dan Ketua DPRD Kota Makassar mengenakan pakaian adat Toraja. Puluhan Ribu peserta juga mengenakan pakaian adat Toraja.

Rudianto Lallo mengatakan Magical Toraja ini sangat bagus. Bukan hanya event saja, tetapi ini juga secara tidak langsung mengembangkan ekonomi UMKM setempat.

Magical Toraja digagas oleh pengurus pusat dan lokal Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi Toraja ke- 775 serta menyambut G20, lanjut Rudianto Lallo.

Kegiatan tersebut akan berlangsung hingga 31 Agustus 2022 nanti. Ada beragam acara adat yang akan ditampilkan seperti Rambu Solo yang akan digelar di Kecamatan Rantepao. Kemudian ada pameran UMKM di Pasar Seni Makale, serta acara adat Ma'Nene di Kecamatan Buntu Papasan, Toraja Utara.

PDAM Makassar