kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Kesbangpol Sulbar Pantau Seleksi 130 Calon Paskibraka di Majene

Kesbangpol Sulbar Pantau Seleksi 130 Calon Paskibraka di Majene
Proses seleksi calon paskibraka di kabupaten Majene
banner 468x60

KabarMakassar.com — Tim Kesbangpol Sulbar memantau jalannya proses seleksi calon Paskibraka di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat.

Sebanyak 130 pelajar SMA/SMK/MA mengikuti seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Majene Tahun 2024.

Pemprov Sulsel

Jumlah tersebut merupakan hasil penjaringan dari beberapa peserta yang lolos seleksi administrasi dari 231 peserta yang mendaftar secara online melalui paskibraka.bpip.go.id.

Seleksi dilaksanakan selama lima hari. Diawali dengan seleksi wasbang dan TIU dan diakhiri dengan Seleksi Kepribadian yang dilaksanakan di Pendopo Rujab Bupati Majene. Dari semua tahapan seleksi yg di tetapkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, hanya 89 peserta yang lolos untuk mengikuti seleksi kepribadian.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Majene, Irwansyah Burhanuddin, S.STP berharap kepada siswa-siswi yang mengikuti proses seleksi yang telah ditetapkan secara nasional yang meliputi seleksi kesehatan, parade, tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, kemudian tes PBB, serta kesamaptaan.

“Seleksi akhir yaitu seleksi kepribadian bisa lolos menjadi anggota paskibraka yang nantinya benar-benar memiliki kemampuan intelektual serta wawasan kebangsaan yang bagus,” kata Irwansyah,Jumat(29/3).

Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Yusuf Tahir, jauh hari menyampaikan, seleksi Paskibraka di enam kabupaten yang dilakukan selama bulan Ramadhan agar memperhatikan waktu dan kondisi yang sesuai dengan ibadah puasa.

“Proses seleksi harus diatur sedemikian rupa agar tidak mengganggu kewajiban puasa bagi para adik-adik peserta,” ucap Muhammad Yusuf.

Misalnya, jadwal seleksi bisa disesuaikan dengan waktu yang tidak bertabrakan dengan waktu berbuka puasa atau saat kekuatan fisik peserta masih cukup.

“Penyelenggara juga dapat memberikan perhatian khusus terhadap aspek kesehatan dan keamanan peserta selama proses seleksi berlangsung,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Tim Pemantau Seleksi Calon Paskibraka Provinsi Sulawesi Barat Darwis, memberikan arahan kepada seluruh peserta seleksi menyampaikan dalam seleksi ini pihaknya berharap agar calon Paskibraka dapat memberikan performa yang terbaik meskipun dalam suasana ibadah puasa.

“Karena Paskibraka ini merupakan lembaga untuk membentuk generasi muda bangsa yang penuh dengan hal-hal positif, pembentukan karakter yang akan didapat generasi muda nanti yakni menjadi cerdas, terampil, disiplin, kreatif, inovatif, tanggungjawab serta memiliki rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tandasnya.

PDAM Makassar