kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Keren, Festival Olahraga Tradisional Bupati Cup I Jeneponto Ditutup Dengan Meriah

banner 468x60

KabarSelatan.idSekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jeneponto sekaligus Ketua Umum Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) H. Muh. Arifin Nur menutup secara resmi puncak penyelenggaraan Festival Olahraga Tradisional Bupati Cup I 2023 di Stadion Mini Turatea. Minggu (11/06).

Event yang di motori Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) bersama Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jeneponto ini juga di hadiri Kadispora H.M. Yusuf Pakkihi didampingi Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga DISPORA Suardi A. Kahar, Pimpinan Pegadaian Cabang Jeneponto beserta para tamu undangan penting lainnya.

Pemprov Sulsel

Penutupan acara ini juga terbilang sangat meriah karena jumlah penonton yang berada di lokasi berjumlah ratusan. Suasana semakin meriah diperlihatkan penonton dengan suara gemuruh dan yel-yel tak kala saat penyerahan hadiah diberikan kepada para finalis yang berhasil keluar sebagai juara.

Dalam sambutannya, Sekda H. Muh. Arifin Nur menyampaikan apresiasinya ke seluruh panitia penyelenggara atas suksesnya Festival Olahraga Tradisional Bupati Cup I 2023.

"Terima kasih untuk para peserta, guru-guru yang hadir, seluruh panitia, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Pimpinan Pegadaian Jeneponto dan penyelenggara KORMI Jeneponto. Khususnya, Sekertaris Umum KORMI Suardi A. Kahar yang sukses menyelenggarakan event tradisional ini," ucapnya.

Ketua Umum KORMI ini juga mengatakan bahwa ternyata kegiatan kita hari ini melampaui dari yang kita harapkan," tambahnya.

Olehnya itu, Pihaknya berharap di kemudian hari kepada seluruh peserta agar tetap giat berlatih.

"Kepada anak-anakku sekalian kedepannya untuk tetap terus berlatih karena Insha Allah tahun depan akan kembali kita gelar event seperti ini," cetus Mantan Kadis PUPR ini.

Diketahui, Festival Olahraga Tradisional Bupati Cup I 2023 ini mulai bergulir sejak hari Kamis 08 Juni 2023 lalu dan dibuka langsung oleh bapak Bupati Iksan Iskandar.

Event yang digelar di Stadion kebanggan Warga Jeneponto ini pun memperlombakan sejumlah permainan Tradisional seperti, game tradisional Bakiak/terompah, Galah asin, Engrang dan Cangke selam dua hari.

Selama event digelar, lomba kategori lokal tingkat pelajar dari permainan Engrang dimenangkan dari Kecamatan Bangkala yang didapuk sebagai Juara satu disusul juara kedua Kecamatan Arungkeke dan juara ketiga Kecamatan Rumbia,

Untuk jenis lomba Cangke, gelar juara pertama dimenangkan Kecamatan Rumbia, juara kedua diraih Kecamatan Rumbia, juara II Kecamatan Binamu dan juara III Kecamatan Turatea.

Dari perlombaan Gala Asin keluar sebagai juara  pertama Kecamatan Turatea, Kecamatan Binamu di tempat kedua, dan juara ketiga Kecamatan Rumbia.

Sedangkan lomba Bakiak di juarai Kecamatan Bangkala serta juara kedua Kecamatan Binamu dan juara III Tamalatea.

Sementara Panahan Tradisional juara I diraih Vio dari Kecamatan Binamu diikuti Fahmi Kecamatan Binamu yang keluar sebagai juara kedua terakhir juara ketiga ditempati M Yunus dari Kecamatan Kelara.

Selain itu, Panitia juga menggelar lomba panahan tradisional Ground Archery regional tingkat Putra yang dimenangkan oleh Fahmi dari BAC Gowa, juara kedua dimenangkan oleh Illyas Nasa dari Kompas Makassar dan juara ketiga ada atlit Muh. Asman dari PETA Makassar terakhir ada juara keempat di sabet Hamka dari komunitas panahan Sabiq Kabupaten Sidrap.

Sedangkan tingkat Regional dan Kategori Ground Archery Putri dimenangkan Andi Suchria juara I, Sitti Aisyah menduduki juara II, Nurul Sakwam juara III dan Hinata HS juara IV.

PDAM Makassar