kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Kemenkes RI Kunjungi Toraja, Promosi Kesehatan Jiwa Bagi Remaja

banner 468x60

KabarMakassar.com — Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Direktorat Kesehatan Jiwa menggelar kegiatan penggerakan masyarakat dalam upaya promosi Kesehatan Jiwa Tahun 2023 di dua kabupaten yakni Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, 8-9 Juni 2023.

Bambang Tri Wahono, S.Kep.,MPH dari Direktorat Kesehatan Jiwa menerangkan jika selama dua hari di dua kabupaten kembar tersebut disambut antusias oleh masyarakat utamanya bagi remaja yang hadir dalam kegiatan tersebut. 

Pemprov Sulsel

Ia menyampaikan kegiatan ini dilakukan upaya meningkatkan pemahaman dan mendorong peran serta masyarakat, lintas program, lintas sektor, tentang pentingnya kesehatan jiwa.

"Kegiatan ini ada dua hari di Tana Toraja dan Toraja Utara, kami memberikan pemahaman untuk peningkatan literasi, melek kesehatan jiwa dan mendukung mereka yang memiliki masalah dengan kesehatan mental. Kesehatan mental sangat penting untuk di jaga sebab jika kesehatan mental terganggu, kondisi fisik dan kualitas hidup bisa menurun. Kita tahu beberapa waktu lalu angka kematian akibat bunuh diri di Toraja di dominasi oleh remaja, untuk itu kami hadir dan memberikan pemahaman," ujar Bambang Tri Wahono saat dihubungi melalui selularnya, Jumat (9/6).

Lanjut Bambang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bupati Tana Toraja dan Toraja Utara yang begitu menyambut baik kehadiran kami dalam upaya edukasi bagi remaja dalam hal mental kesehatan jiwa.

"Ini sangat luarbiasa, dua Bupati dari Tana Toraja dan Toraja Utara menyambut kami dan berharap kami bisa membantu masyrakat terkhusus remaja di Toraja dalam hal kesehatan jiwa, kita tahu angka kematian bunuh diri sangat tinggi di dua kabupaten ini, untuk itu kami dari Kemenkes RI berterima kasih Kepada Pemda Tator dan Toraja Utara dan juga tak lupa Dinas Kesehatan setempat," tambah Bambang.

Kegiatan ini juga menampilkan video dari senator asal Sulsel Lily Amelia Salurapa memberikan sambutan dan menyapa peserta yang hadir di kegiatan tersebut, dimana surat ke Menteri Kesehatan berasal dari anggota DPD RI asal Toraja tersebut perihal laporan angka kematian bunuh diri di Toraja. 

Tindak lanjut surat dari Lily Salurapa pada Februari 2023 lalu tersebut direspon oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi hingga terselenggaranya kegiatan di dua Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara melalui Dirjen Kesehatan Jiwa Kemenkes RI.

Ada beragam kegiatan yang digelar Kemenkes RI di Toraja, selain senam remaja ada juga talkshow untuk bagaimana cara menjaga kesehatan jiwa serta memboyong pemateri berasal dari ahli di bidang kejiwaan.

"Kita harapkan remaja di Tana Toraja dan Toraja Utara dapat memahami tentang kesehatan jiwa, selain itu peran keluarga terutama orang tua dan serta sesama remaja yang produktifiktas bisa jadi penolong," ujar Bambang.

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang menyambut baik kehadiran Dirjen Kesehatan Jiwa Kemenkes RI, ia menyampaikan rasa terima kasihnya dalam memberikan edukasi dan pemahaman pentingnya kesehatan jiwa bagi masyarakat terkhusus remaja.

"Kita bersyukur dan berterima kasih atas hadirnya tim dari Kemenkes RI, berharap tidak ada lagi kasus bunuh diri di wilayah kita. Harapan dari edukasi ini dapat ditanamkan bagi remaja di Toraja Utara," kata Yohanis Bassang.

Untuk diketahui kegiatan terakhir digelar di SMK Kristen Tagari Toraja Utara sebelumnya di Gedung Tammuan Mali, Kota Makale Tana Toraja. Dirjen Kesehatan Jiwa Kemenkes RI membawa dua tim, tim pertama 5 orang dan 1 dari UGM. Kemudian tim dua dari layanan gangguan jiwa 4 orang dan bersama tim TKJM Toraja Utara dan berkoordinasi dengan program lintas sektor.

PDAM Makassar