kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Kelompok P3A AKA Pinrang Masuk Tiga Besar, Tim Lakukan Penilaian Lapangan

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Kelompok Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) AKA, Kelurahan Salo, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang masuk tiga besar lomba P3A se-Sulawesi Selatan. Tim P3A Sulsel lakukan penilaian di lapangan di Pinrang.

Tim P3A Sulsel lakukan penilaian di lapangan terhadap kelompok P3A AKA. Rangkaian penilaian adalah peninjauan langsung di sekretariat P3A AKA.

Pemprov Sulsel

“Tim penilai lomba P3A tingkat Sulsel didampingi perwakilan dari Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan – Jeneberang, Dinas PSDA Sulsel dan juga perwakilan akademisi Prof. Ratna Musa,” kata Kepala Bidang Irigasi Pedesaan Dinas SDABK Kabupaten Pinrang, Husni Nakka kepada KabarBugis.id, Rabu (19/7).

Kepala Bidang Irigasi Pedesaan Dinas SDABK Kabupaten Pinrang, Husni Nakka mengatakan tim melakukan penilaian kepada kelompok P3A AKA yang ada di Kabupaten Pinrang dalam hal pengelolaan jaringan irigasi dan administrasi jaringan irigasi.

"Kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memberdayakan P3A agar lebih aktif berpartisipasi dalam pengelolaan irigasi bersama instansi terkait terutama mereka yang berada di ujung irigasi," jelasnya.

Ia menjelaskan petani memiliki tanggung jawab yang besar dalam pengelolaan jaringan irigasinya, maka diperlukan kesadaran untuk menumbuhkan kelembagaan yang kompak dan solid agar dapat membantu dalam penyediaan dan distribusi air irigasi. 

"Jika pemenuhan kebutuhan air terpenuhi maka konflik kepentingan dalam distribusi air irigasi akan semakin berkurang, yang pada akhirnya sistem usaha tani berjalan lancar, peningkatan produksi dan pendapatan pun akan dapat dirasakan secara maksimal," beber Husni yang juga Sekertaris Komisi Irigasi Kabupaten Pinrang itu.

Sementara itu, Kepala Dinas SDABK Pinrang, Muhammad Jenal berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan kinerja kelompok P3A terutama dalam pengawasan dan penggunaan air.

"Kita berharap konflik penggunaan air kedepan lebih diminimalisir. Kita juga berharap P3A AKA bisa juara dalam lomba ini, sehingga bisa mewakili sulsel ke kanca nasional," harapnya.

Sebelumnya Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid ingatkan setiap OPD untuk melakukan inovasi sesuai tupoksi masing masing untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pinrang.

“Kesejahteraan masyarakat Pinrang adalah hal utama yang harus kita lakukan. Untuk itu buat inovasi yang memudahkan dan menguntung masyarakat,” pungkasnya.

PDAM Makassar