kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Kebijakan Baru Dalam Percepatan dan Ketetapan Penyaluran DAU

banner 468x60

KabarMakassar.com — Dalam rangka mendekatkan pelayanan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) didaerah mulai tahun 2023 seluruh Transfer ke Daerah (TKD) disalurkan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) mitra kerja Pemda bersangkutan, termasuk diantaranya KPPN Makassar II yang sebelumnya untuk beberapa dana transfer daerah dilakukan secara terpusat oleh KPPN Jakarta II.

Pegawai KPPN Makassar II Dian Kartika mengatakan perubahan mekanisme penyaluran TKD ini sebagaimana yang diamanatkan dalam PMK No. 211/PMK.07/2022. Sebelum terbitnya PMK dimaksud KPPN Makassar II hanya menyalurkan Dana Alokasi Khusus Fisik (DAK Fisik), DAK Non Fisik dan Dana Desa.

Pemprov Sulsel

“Mulai Tahun 2023 selain ketiga jenis dana TKD tersebut KPPN Makassar II juga menyalurkan Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil (DBH), dan Dana Insentif Fiskal Daerah,” pungkasnya, Rabu (31/05).

Dimana, penyaluran DAU melalui KPPN Makassar II di awal tahun 2023 merupakan tonggak awal bagi KPPN Makassar II untuk mulai menyalurkan semua transfer (TKD) ke daerah.

“Dampak positif penyaluran DAU melalui KPPN daerah selain akan mempercepat proses penyalurannya, juga dapat mengurangi terjadinya kesalahan dan mempermudah dalam melakukan koordinasi antara Pemda dengan Kemenkeu termasuk ketika dalam pelaksanaannya ditemui kendala,” bebernya.

Tidak hanya itu, ia menjelaskan bahwa kebijakan DAU pada tahun 2023 meliputi dukungan berkelanjutan terhadap kebijakan penggajian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), peningkatan layanan publik daerah di bidang pendidikan, kesehatan dan pekerjaan umum, dan dukungan pendanaan sektor jalan.

“DAU tahun 2023 yang akan disalurkan oleh KPPN Makassar II adalah alokasi untuk Pemprov Sulawesi Selatan, Pemkab Gowa dan Pemkab Takalar dengan total nilai sebesar Rp4.276,89 miliar. Angka tersebut meliputi DAU Block Grant dan DAU Spesifik Grant,” jelanya.

DAU Block Grant dialokasikan sesuai kewenangan daerah berdasarkan prioritas daerah. Sementara itu, DAU Spesifik Grant disesuaikan dengan proyek/kegiatan yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu di bidang penggajian formasi PPPK, pendanaan kelurahan, pendidikan, kesehatan, dan pekerjaan umum.

Dimana, dengan menyalurkan DAU dan seluruh Transfer ke Daerah melalui KPPN Makassar II menjadi tantangan baru bagi KPPN Makassar II agar dapat menyalurkan secara tepat waktu dan tepat jumlah.

“Selain itu, juga untuk mendorong pemda agar meningkatkan kinerjanya dalam pemanfaatan TKD guna mendukung percepatan pembangunan daerah dan pemulihan perekonomian didaerah,” ucapnya.

PDAM Makassar