kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Karya ?Waktu Batu. Rumah yang Terbakar? Bakal Tampil di Makassar

banner 468x60

KabarMakassar.com — Teater Garasi/Garasi Performance Institute akan hadir di Kota Makassar menampilkan karya “Waktu Batu. Rumah yang Terbakar” pada tanggal 5 dan 6 Desember 2023 di Benteng Fort Rotterdam.

Shinta Febriany, sutradara, penulis, dan co-founder Kala Teater, mengungkapkan Waktu Baku merupakan karya teater yang dikerjakan dengan perspektif artistik dan tematik yang kontemporer

Pemprov Sulsel

“Akhirnya, Teater Garasi pentas di Makassar dengan karya menakjubkan, Waktu Batu. Ini adalah kesempatan baik untuk menyaksikan karya teater yang dikerjakan dengan perspektif artistik dan tematik yang kontemporer. Mari kita alami Waktu Batu," ungkapnya, Minggu (26/11).

Karya “Waktu Batu. Rumah yang Terbakar” merupakan pertunjukan silang-media teater x video game x sinematografi yang memiliki fokus tematik duka ekologi (ecological grief).

“Waktu Batu. Rumah yang Terbakar” merupakan versi terkini dari proyek panjang Waktu Batu, yang dimulai sejak tahun 2001, dan sepanjang 2002-2006 melahirkan beberapa versi pertunjukan yang dipentaskan di beberapa kota di Indonesia, Singapura, Berlin, dan Tokyo.

Pada tahun 2022 lalu, karya ini diundang untuk diciptakan dan dipentaskan kembali di Festival Indonesia Bertutur, Borobudur, Jawa Tengah.

Tahun ini, pertunjukan “Waktu Batu. Rumah yang Terbakar” ditampilkan di ARTJOG, Yogyakarta dan Djakarta International Theatre Platform, Jakarta.

“Saya ingin menyaksikan Waktu Batu karena gagasan-gagasan pertunjukan yang ditawarkan oleh Teater Garasi menggabungkan antara film, teater, dan video game. Sebagaimana misalnya ketika saya menonton pertunjukan Teater Garasi, saya mau terlibat dan mengalami sebuah pertunjukan yang aneh dan mungkin kadang-kadang surreal, dan saya mau hadir menjadi bagian dari pertunjukan itu,” tutur Rachmat Hidayat Mustamin, Direktur Program dan Kemitraan Rumata’ ArtSpace.

“Waktu Batu. Rumah yang Terbakar” diproduksi oleh Garasi Performance Institute dan dipersembahkan oleh Direktorat Perfilman, Musik, dan Media – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dan didukung oleh EPSON Indonesia; Rumata’ ArtSpace; Kala Teater; Siku Ruang Terpadu; Jam Kerja; dan RIWANUA. “Waktu Batu. Rumah yang Terbakar” akan dipentaskan pada tanggal 5 dan 6 Desember 2023 di Benteng Fort Rotterdam, pukul 20.00 WITA.

Sejumlah rangkaian acara sebelum pertunjukan oleh komunitas di Makassar, yakni “Antologi Manusia” pada 25 November 2023 di halaman belakang Rumata’ ArtSpace.

Selain itu, akan ada juga  Dokumentasi Video “Waktu Batu #1: Kisah-kisah yang Bertemu di Ruang Tunggu”, “Waktu Batu #2: Ritus Seratus Kecemasan dan Wajah Siapa yang Terbelah”, "Waktu Batu #3: Deus ex Machina dan Perasaan-perasaanku Padamu", pada 1, 2, dan 3 Desember 2023 pukul 19.30 di RIWANUA.

Selanjutnya pada 3 Desember 2023, pukul 20.30 WITA, akan ada diskusi bersama Teater Garasi/Garasi Performance Institute: Yudi Ahmad Tajudin (produser dan sutradara), Luna Kharisma (asisten sutradara), dan Ugoran Prasad (dramaturg).

PDAM Makassar