kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Jualan Online Bantu Rita Raup Omset Hingga Puluhan Juta

banner 468x60

KabarMakassar.com — Perempuan Asal Makassar, Rita sukses raup omset puluhan juta dari usaha Cemilan Basreng dan menjadi drosipper pakaian.

Usaha yang diberi nama R-Store itu menjual Cemilan Basreng dan pakaian khusus wanita mulai dari baju, kemeja, dress, sandal, jilbab hingga daster.

Pemprov Sulsel

Rita menuturkan kala pertama ia mendirikan usaha R-Store sejak tahun 2019 dengan menjual Cemilan Basreng yang dibuatnya sendiri dan menjadi drosipper pakaian sebab saat itu ia belum memiliki modal sama sekali.

Ia mengaku saat itu ia merupakan mahasiswa akhir yang tengah mengerjakan skripsi sehingga ia memanfaatkan waktu luang untuk membuka usaha dengan tujuan membantu perekonomian keluarga.

"Alasannya buat usaha karena tahun 2019 itu sudah semester akhir di kampus, tugasku sisa buat skripsi, jadi memanfaatkan waktu luangku untuk buka usaha. Alasan lainnya karena setelah sarjana saya tidak mau menganggur makanya buat usaha, sekaligus tujuannya bisa membantu perekonomian keluarga," ungkapnya, Rabu (28/06).

Ia pun kini memanfaatkan media sosial Facebook dan e-commerce seperti Shoppe untuk memasarkan produknya secara online melihat peluang para konsumennya lebih banyak membeli pakaian secara online.

Berkat usahanya itu, diawal merintis usaha Rita mendapatkan omset hingga Rp500 ribu namun kini usaha yang mulai cukup besar itu mampu menghasilkan omset hingga Rp 20 juta.

"Kalau dulu itu awal-awal jualan tahun 2020 awal 100-500 ribu. Tapi semenjak berkembang penjualan online di Facebook 2021 mulai meningkat 5 juta omsetnya sampai sekarang sudah 20 juta omsetnya penjualan," jelasnya.

Meski begitu ia mengaku kerap mendapati beberapa kerugian dimana tiba-tiba konsumen membatalkan pesanan Cash on Delivery atau COD.

Namun, Rita tetap optimis dan semangat menjalani kendala-kendala kecil itu dengan fokus mengembangkan usahanya demi membantu perekonomian keluarga dan biaya pendidikan ketiga adiknya.

"Ke depannya semoga bisa buat kedai basreng dan toko daster supaya bisa semakin berkembang, supaya bisa membuka lapangan kerja, dan semoga dari usaha ini hasilnya bisa membantu perekonomian keluarga, membantu saya menyelesaikan pendidikan dan membantu membiayai pendidikan ketiga adikku," pungkasnya.

PDAM Makassar