kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Jokowi Tunjuk Ma’ruf Amin Jadi Plt Presiden

Jokowi Tunjuk Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden
Presiden RI, Joko Widodo dan Wakil Presiden, Ma'ruf Amin (Foto : int).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan kerja ke Australia hingga Rabu (6/3) dan telah menugaskan Wakil Presiden sebagai pelaksana tugas (Plt) selama masa kepergiannya.

Hal itu sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2024 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden yang ditetapkan pada (1/3).

Pemprov Sulsel

Dalam keputusan tersebut, terdapat ketentuan bahwa Wakil Presiden akan melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai dengan peraturan perundang-undangan selama kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Australia pada 4 – 6 Maret 2024, atau sampai dengan tanggal kembali ke tanah air.

Namun, apabila dibutuhkan kebijakan baru selama keberadaan Presiden di luar negeri, Wakil Presiden sebagai pelaksana tugas harus berkonsultasi dan meminta persetujuan Presiden.

Setelah Presiden kembali ke tanah air, penugasan tersebut akan berakhir dan Wakil Presiden harus segera melaporkan pelaksanaan tugas kepada Presiden.

Sebelumnya, Jokowi menjelaskan bahwa agenda kunjungan kerja ke Australia termasuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN – Australia serta melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara.

“Hari ini saya bersama dengan delegasi terbatas akan berangkat ke Melbourne untuk menghadiri KTT Khusus ASEAN – Australia. Ini diselenggarakan untuk memperingati 50 tahun kemitraan ASEAN dan Australia,” ujar Jokowi di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma pada Senin (4/3).

PDAM Makassar