kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

JMS Sebut Kursi PDI Perjuangan Penentu Pilkada Bulukumba 2024

JMS Sebut Kursi PDI Perjuangan Penentu Pilkada Bulukumba 2024
Bakal calon Bupati Kabupaten Bulukumba Jamaluddin M Syamsir
banner 468x60

KabarMakassar.com — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi incaran sejumlah bakal calon kepala daerah yang akan maju Pilkada serentak 2024 di Sulawesi Selatan, tak terkecuali Kabupaten Bulukumba.

Salah satunya adalah bakal calon Bupati Kabupaten Bulukumba, Jamaluddin M. Syamsir atau JMS. JMS berminat diusung PDIP meski hanya punya satu kursi di DPRD Bulukumba hasil Pemilu 2024.

Pemprov Sulsel

Untuk maju Pilkada Bulukumba, setiap pasangan calon harus diusung minimal 8 kursi partai di parlemen. Politisi Golkar ini berpendapat, semua partai punya basis pemilih yang akan menambah kekuatan figur.

Termasuk satu kursi PDIP di Bulukumba bisa menjadi penentu peta politik di Bumi Panrita Lopi.

“Semua partai punya basis elektoral. Apalagi di politik itu satu penting, satu juga menentukan,”ucap JMS kepada awak media usai mengikuti uji kelaikan dan kepatutan bakal calon kepala daerah yang digelar DPD PDIP Sulsel di Makassar, Selasa (11/6).

Karenanya, ia optimis akan diusung PDIP sebagai bakal calon Bupati Bulukumba 2024. Menurut JMS, satu kursi partai banteng moncong putih akan menambah kekuatan politiknya memenangkan pilkada.

Belum lagi jejaring PDIP, yang menurut JMS, dapat menjadi bagian dari support sistem dalam menjalankan mesin politik, maupun jika terpilih nantinya.

“Di Bulukumba memang cuma satu kursi tapi kan, level provinsinya ada jaringan PDIP yang mungkin bisa men-support saya. Begitu juga di tingkat pusat yang bisa men-support saya nantinya,” jelas mantan Ketua KNPI Sulsel ini.

Umumkan Pendamping saat Partai Cukup JMS adalah kandidat yang ditugaskan Partai Golkar untuk maju Pilkada Bulukumba. Golkar punya 5 kursi di Bulukumba.

Dengan begitu, Ia butuh tiga kursi lagi untuk mencukupkan syarat pencalonan. Jika partai pengusungnya cukup, JMS mengaku akan mengumumkan calon wakil bupati yang mendampinginya di Pilkada Bulukumba.

“Saya mengumumkan wakil ketika partai saya cukup. Apakah PKB yang mengeluarkan rekomendasi mencukupkan, apakah PPP atau Demokrat atau partai lain,” tutur JMS.

Diketahui, dengan waktu pendaftaran ke KPU tersisa dua bulan lagi, JMS optimis mampu mencukupkan 8 kursi partai pengusung untuk maju Pilkada Bulukumba.

“Saya haqqul yakin bisa mencukupkan syarat 8 kursi untuk bertarung maju Pilkada Bulukumba,” tandas JMS.

PDAM Makassar