kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Jelang Ramadhan, Harga Beras Premium Melonjak di Makassar

Jelang Ramadhan, Harga Beras Premium Melonjak di Makassar
(Foto : ist)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Jelang Ramadhan 1445 H yang jatuh pada Maret 2024, harga beras premium di Pasar Tradisional Terong Makassar kembali melonjak hari ini, Jumat (16/2).

Hasil pantauan KabarMakassar,com, harga beras premium saat ini tertinggi Rp355.000 per 25 Kg. Sedangkan sebelumnya, harga beras premium pada Januari 2024 Rp330.000 per 25 kg,

Pemprov Sulsel

Salah satu penyebab kenaikan harga beras saat ini dikarenakan stok beras yang menurun. Hal itu diungkapkan oleh salah satu pedagang di Pasar Terong, Rasnawati (32).

“Kalau sekarang memang agak naik karena stok (beras) menurun juga, minimal itu pasti akan naik,” ujarnya kepada KabarMakassar.com, Jumat (16/2).

Menurut Rasnawati, untuk penurunan harga beras ini mungkin memakan waktu yang lama sampai masa panen petani tiba. Itupun, kata dia, kalau panen para petani berhasil. tetapi jika panen petani tidak berhasil, mungkin harga beras tetap akan bertahan ataupun lebih mahal dari saat ini.

Bahkan menurutnya, kenaikan harga beras sudah dimulai pada bulan Januari lalu, tetapi tidak melonjak seperti sekarang.

“Bulan Januari sampai bulan Februari ini, itupun dalam keadaan bertahap. Tidak langsung melonjak naik, minimal Rp5.000, Rp10.000 dan Rp15.000,” ungkapnya.

Ia berharap pemerintah menyediakan stok beras yang cukup dan tidak mengekspor. Sebab Sulsel termasuk salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal sebagai lumbung padi Nasiobnal.

“Soalnya di Sulawesi ini kan terkenal penghasil beras, mudah-mudahan tidak keluar lagi ke daerah lain, di Sulawesi saja.” tutupnya.

PDAM Makassar