kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Jelang Ramadan, Dinas Pertanian Maros Tetap Mengadakan Program YESS

Jelang Ramadan, Dinas Pertanian Maros Tetap Mengadakan Program YESS
banner 468x60

KabarMakassar.com — Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros kembali mengadakan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan, melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services atau disingkat dengan YESS.

Kegiatan tersebut diadakan Kantor BPP Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros, pada Sabtu (9/3) pukul 09.00 – 16.00.

Pemprov Sulsel

Sementara, Fasilitator pada kegiatan tersebut Muh. Yulfi AR menyampaikan bahwa program Yess merupakan proyek pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda disektor pertanian yang didanai oleh IFAD.

Menurutnya, pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan tersebut akan menjadi model kepada generasi muda dari sektor pertanian.

Ia menambahkan, program Yess ini sudah berjalan selama 5 tahun, yang dimulai pada 2021-2025.

Adapun, tujuan dari program Yess, Yulfi menjelaskan ada 3 tujuan dari program Yess. Yang diantarnya adalah:
– Tujuan strategis yang berarti menghasilkan wirausaha muda dibidang pertanian dan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian.
– Tujuan pembangunan yang berarti peningkatan pendapatan pemuda melalui pekerjaan dan kewirausahaan juga di sektor pertanian.
– Outcome terdapat 4 komponen di dalamnya, sebagai berikut:
1. Keterampilan kesiapan kerja bagi pemuda untuk memanfaatkan lapangan kerja dan bisnis.
2. Layanan akses pasar dan UMKM untuk pemuda pertanian atau wirausaha.
3. Akses pembiayaan untuk pemuda pertanian.
4. Mengaktifkan kebijakan, kelembagaan dan lingkungan media, serta memfasilitasi keterlibatan pemuda di sektor pedesaan.

“Saya sangat mengharapkan program Yess dapat meregenerasi tenaga kerja di bidang pertanian. Sehingga, sektor pertanian bisa digandrungi oleh para pemuda,” harapnya.

Di sisi lain, salah satu peserta program Yess, Muhammad Iqbal sangat senang adanya program Yess. Karena menurutnya, ilmu yang didapatkan dari program Yess ini sangat bermanfaat.

“Semoga program Yess ini akan terus berlanjut, hingga para pemuda bisa mendapatkan ilmu berbisnis yang banyak,” tambahnya.

PDAM Makassar