kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Jelang Idul Adha, Warga Antusias Sambut Gerakan Pangan Murah

Jelang Idul Adha, Warga Antusias Sambut Gerakan Pangan Murah
Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh pada Gerakan Pangan Murah di Pelataran TP PKK Sulsel (Dok: Nofi KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Gerakan Pangan Murah (GPM) kembali dilaksanakan, kali ini dalam rangka menghadapi hari besar keagamaan nasional serta menjaga stabilisasi pasokan dan harga pasar. Agenda tersebut digelar di halaman Kantor TP PKK Provinsi Sulsel, Jalan Masjid Raya Kecamatan Bontoala pada, Selasa (11/06).

Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan bahwa GPM ini akan digelar di 24 titik Kabupaten/Kota.

Pemprov Sulsel

“Hari ini Sulsel mengadakan Gerakan Pangan Murah dan tadi sudah virtual zoom dan berkomunikasi dengan Bupati dan Walikota,” ujarnya.

Ia menjelaskan, terdapat sekitar sembilan sembilan pangan strategis yang tersedia bagi masyarakat. Diantaranya, beras, telur, gula, minyak, daging sapi, bawang merah, bawang putih dan tepung.

Prof Zudan juga menekankan bahwa harga di GPM tersebut dijual dibawah harga pasar karena terdapat subsidi dari pemerintah.

“Tujuannya adalah masyarakat mendapatkan bahan pangan secara murah dan produsen juga tidak mengalami penurunan harga, jadi dua itu yang kita jaga, produksinya tetap, harganya tidak turun terlalu jauh,” bebernya.

Pj Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Muhammad Arsjad mengatakan kegiatan ini menjadi bagian dari pengendalian inflasi.

“Alhamdulillah Sulsel pengendalian inflasinya cukup baik berada dibawah angka inflasi di nasional,” terangnya.

Dia juga menyatakan di gedung TP PKK khusus hari ini, telah disiapkan sekitar 10 ton beras.

Pantauan KabarMakassar.com, beras, minyak dan telur menjadi komoditas yang paling dicari oleh masyarakat. Berbagai stand yang menyediakan hal tersebut selalu dikerumuni oleh warga.

Salah satu warga Kecamatan Wajo Makassar, Ervita menyambut baik program GPM ini. Ia menyampaikan saat ini harga di pasar telah naik dan dengan adanya Gerakan Pangan Murah sangat membantu dirinya.

“Saya baru kali ini ikut Gerakan Pangan Murah, tapi sangat membantu sekali. Saya beli beras, telur sama camilan,” tandasnya.

Warga lainnya, Hasriany Harun, mengaku sejak tiga hari lalu telah mendapatkan informasi tersebut melalui WhatsApp dan sudah tidak sabar untuk berburu sembako murah.

“Berasnya, minyaknya murah ki. Di pasar beras Rp62.500 disini Rp58.000 saya lihat. Minyaknya juga, meringankan untuk kita-kita, dari Rp15.000 tinggal Rp13.000,” tuturnya.

Gerakan Pangan Murah yang membantu masyarakat, diharapkan dapat terus dilanjutkan.

Diketahui, beberapa komoditas serta harga yang terdapat di GPM yang digelar di TP PKK Sulsel ialah, gula pasir premium Rp17.000 per liter, Minyakita Rp13.000 per liter, beras SPHP/ medium Rp58.000 per 5 kg, beras premium Rp69.500 per 5 kg, tepung terigu Rp9.000 per kg dan telur ayam Rp54.000 per rak.

PDAM Makassar