kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Jarang Disadari, Ini Manfaat Ikan Kembung Bagi Kesehatan

Jarang Disadari, Ini Manfaat Ikan Kembung Bagi Kesehatan
Ikan Kembung
banner 468x60

KabarMakassar.com — Ikan kembung (Rastrelliger kanagurta), salah satu di antara jenis ikan laut yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Ikan ini juga masih sekerabat dengan ikan tenggiri, ikan tuna, dan ikan tongkol.

Ikan kembung juga kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga mengkomsumsinya sangat baik untuk tubuh.

Pemprov Sulsel

Berikut ini manfaat Ikan kembung bagi kesehatan tubuh yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Kaya akan kandungan nutrisi

Ikan kembung memiliki ragam kandungan, antara lain:

– Protein yang tinggi.
– Vitamin B1, B2, B3, B6, B12, dan D.
– Memiliki beberapa jenis mineral seperti zat besi, tembaga, selenium, dan yodium.
– Sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Asam lemak omega-3 dalam ikan kembung bisa membantu menjaga kesehatan jantung dengan lebih baik. Hal ini disebabkan kandungan lemak tak jenuh dalam ikan kembung mampu menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung, seperti stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis.

3. Mencegah Anemia

Jika kamu sering mengalami gejala anemia, seperti kelelahan, lemas, gangguan penglihatan, dan pusing, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan zat besi.

4. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Ikan kembung mengandung vitamin D yang cukup tinggi di dalamnya. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin D, tubuh akan menyerap kalsium dan fosfor yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

5. Menurunkan Berat Badan

Ikan kembung memiliki kandungan lemak dan protein yang bisa mengontrol dan menurunkan kadar ghrelin dalam tubuh. Ghrelin adalah salah satu hormon yang bisa memicu rasa lapar sehingga meningkatkan keinginan untuk makan.

6. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Kandungan lemak tak jenuh dalam ikan kembung membantu untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2. Selain mengonsumsi ikan kembung, hal ini juga perlu didapat dengan melakukan gaya hidup sehat dan pencegahan diabetes lainnya.

Itulah, beberapa manfaat Ikan kembung yang tidak banyak yang menyadarinya. Semoga dapat bermanfaat!

PDAM Makassar