kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Intermittent Fasting, Cara Ampuh Turunkan Berat Badan

Intermittent Fasting, Cara Ampuh Turunkan Berat Badan
(Foto : IST).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Metode diet intermittent fasting merupakan gaya hidup sehat yang tidak menyiksa untuk dilakukan.  Hal ini menjadi tren kesehatan karena diklaim ampuh untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan metabolisme, juga dapat memperpanjang umur.

Diet ini berfokus pada pola makan dengan durasi waktu yang berbeda setiap berpuasa dan makan. Sehingga penekanan metode diet ini bukan pada pembatasan jenis makanan melainkan pembatasan waktu makan.

Pemprov Sulsel

Terdapat beberapa metode intermittent fasting yang berbeda dari jam makan serta jam puasanya seperti dilansir dari laman Halodoc sebagai berikut:

1. Metode puasa 2 hari dalam 1 minggu

Orang yang menerapkan metode puasa 2 hari dalam 1 minggu atau sering disebut metode 5:2 ini, mengonsumsi makanan sehat dengan porsi standar selama 5 hari, kemudian untuk dua hari sisanya menurunkan asupan kalori.

Selama dua hari menjalankan puasa, bagi pria hanya dapat mengonsumsi 600 kalori, sedangkan wanita 500 kalori. Tidak hanya menurunkan kadar insulin, cara ini dipercaya mampu membuat sensitivitas insulin lebih meningkat.

2. Melakukan puasa 12 jam sehari

Metode ini dilakukan dengan berpuasa selama 12 jam setiap harinya, setelah itu barulah makan seperti biasanya.

Diet ini tidak jauh berbeda dengan puasa yang dilakukan saat bulan Ramadan, dan menjadi pilihan bagi yang mau mencoba pertama kali.

3. Puasa selama 16 jam sehari

Diet intermittent fasting ini berarti melakukan puasa sekitar 16 jam sehari serta waktu makan berkisar 8 jam. Metode ini disebut 16:8.

Selama diet menggunakan metode ini, makan malam telah dianggap usai pada pukul 20.00 dan tidak sarapan esok paginya. Sebagai gantinya makan dilakukan pada siang hari.

Itulah tadi beberapa metode intermittent fasting yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan. Saat melaksanakan diet ini jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kondisi tubuh serta kesehatan.

Jangan memaksakan diri apabila tidak bisa berpuasa selama lebih dari 12 jam. Konsultasikan dengan dokter spesialis gizi jika ingin mendapatkan informasi mendetail terkait diet yang cocok untuk dilakukan.

PDAM Makassar