kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Ini Tips dan Langkah Perlancar ASI

banner 468x60

KabarMakassar.com — Masa-masa menyusui selain sebagai perekat antara ibu dan anak, juga memiliki tantangan tersendiri.

Salah satu kendala yang kerap dialami oleh ibu menyusui adalah produksi ASI yang kurang.

Pemprov Sulsel

Padahal setiap ibu memiliki keinginan mempunyai stok ASI melimpah dan bisa memberikannya secara eksklusif untuk menunjang pertumbuhan buah hati tercinta.

Namun, bagi ibu yang merasa ASI-nya kurang lancar, ada baiknya jangan langsung merasa khawatir berlebihan. Supaya ASI tetap lancar dan berlimpah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh seorang ibu.

Beberapa Langkah untuk Memperlancar ASI

 Jika Anda saat ini tengah menyusui, beberapa cara berikut dapat dilakukan agar ASI tetap lancar, yaitu :

1.    Menyusui setiap 2-3 jam dalam sehari

Dalam sehari, bayi bisa menyusu sebanyak 8-16 kali. Dengan ibu sering memberikan ASI, maka produksi ASI juga semakin lancar dan melimpah.

Untuk bayi newborn yang lebih sering tidur, jika datang waktunya menyusui bayi, bangunkan bayi secara lembut dan perlahan untuk diberikan ASI. Atau sebagai alternatif lain, penggunaan pompa ASI juga bisa ikut merangsang produksi ASI Anda.

2.    Berikan ASI secara bergantian dari kedua payudara

Langkah ini bisa membuat produksi ASI tetap banyak dan berlimpah. Saat ritme menyusui bayi dirasa melambat, segera pindahkan bayi untuk menyusu ke sisi payudara lainnya.

3.    Pola makan sehat dan suplemen tambahan akan memperlancar ASI

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, selain berguna untuk kesehatan Ibu, juga berfungsi meningkatkan produksi ASI. Pilih jenis makanan yang bisa memperbanyak ASI berupa kacang-kacangan, aneka buah seperti alpukat, biji-bijian, oatmeal, sayuran hijau serta makanan tinggi protein. Minum banyak air putih membuat tubuh terhindar dari dehidrasi yang bisa menghambat produksi ASI.

Jika dirasa perlu, ibu pun bisa menggunakan suplemen tambahan untuk pemenuhan beberapa zat dan vitamin seperti kalsium, zat besi, protein, yodium, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, vitamin C, vitamin D tentunya dengan rekomendasi dokter kandungan.

4.    Melakukan pemijatan payudara

Dengan melakukan pijat payudara sendiri, produksi ASI akan menjadi lebih bernutrisi, penuh lemak dan akan membuat bayi lebih cepat kenyang dan bertambah berat badannya. ASI ini biasanya berwarna putih kekuningan.

5.    Tetep prioritaskan diri ibu

Ketika periode menyusui berlangsung Bagi ibu menyusui yang fokus menyusui dan mengurus buah hati tercintanya, jangan lupa untuk tetap berisitirahat yang cukup, melakukan kegiatan yang menyenangkan fisik dan jiwa, makan makanan bernutrisi serta minum air putih minimal 2 liter sehari. Karena saat ibu merasa bahagia, maka produksi ASI juga ikut lancar dan melimpah.

6.    Hindari diet ekstrim

Melakukan diet ekstrim hanya akan menghambat produksi ASI yang memang sangat diperlukan untuk bayi Anda. Sebaiknya pilih jenis makanan yang bergizi tinggi serta berserat dan kurangi makanan tinggi lemak dan gula. Maka dengan sendirinya, berat badan ibu akan turun secara perlahan. 

7.    Hindari rasa stres

Stres dan emosi atau kelelahan berlebihan dapat menjadi pemicu terhambatnya produksi ASI. Oleh karena itu, seorang ibu menyusui sangat membutuhkan semangat dan dukungan dari suami dan keluarga terdekat ataupun orang-orang di sekelilingnya.

Menyediakan kelengkapan peralatan bayi sebelum melahirkan juga bisa memudahkan ibu dalam mengurus bayinya yang tentunya akan membuat ibu terhindar dari rasa stres dan kelelahan ketika mengurus buah hati tercinta.

 

PDAM Makassar