kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Ini Jadwal Debat Capres dan Cawapres Terbaru!

banner 468x60

KabarMakassar.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024.

Dilansir dari Antara, Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, mengatakan, rencananya, debat Capres dan Cawapres bakal digelar sebanyak lima kali. Dari kelima debat tersebut, kata dia, bagian untuk capres sebanyak tiga kali dan cawapres dua kali.

Pemprov Sulsel

Diketahui, debat Capres dan Cawapres Pilpres 2024 perdana akan dilakukan pada Desember 2023 ini.

Sementara itu, KPU juga telah memilih lokasi pelaksanaan debat Capres dan Cawapres Pilpres 2024, yakni di Kota Jakarta.

Menurut Anggota KPU RI, August Mellaz, pemilihan Ibu Kota sebagai lokasi pelaksanaan debat karena menimbang beberapa hal diantaranya dari segi efisiensi.

"Kantor KPU di Jakarta, jadi lokasi dan termasuk ada faktor-faktor teknis, misalnya mobilisasi massa, segala macam dipindah di satu daerah, jadi biar lebih efektif saja," ungkapnya dikutip dari Antara.

Sementara itu, Komisioner KPU Idham Holik dalam keterangan Persnya mengatakan ada beberapa tema yang menjadi fokus pada debat kali ini diantaranya yakni, pada debat pertama akan membahas terakit, hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi. 

"Debat kedua, pertahanan, keamanan, geo politik, dan hubungan internasional," ungakpnya Kamis, (01/12).

Selanjutnya debat ketiga akan membahas terkait ekonomi, meliputi kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (Digital), keuangan, pengelolaan APBN dan APBD, dan infrastruktur.

"Debat keempat, soal energi, SDA, SMN, pajak karbon, lingkungan hidup, dan agraria, dan masyrakat adat.  Debat kelima, teknologi Informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan," ucap Idham.

Berikut jadwal Debat Capres dan Cawapres Pilpres 2024:

1. Debat Pertama dilaksanakan pada Selasa, 12 Desember 2023 
2. Debat Kedua digelar pada Jumat, 22 Desember 2023 
3. Selanjutnya debat ketiga dilakukan pada Minggu, 7 Januari 2024 
4. Kemudian debat keempat dilaksanakan pada Minggu, 14 Januari 2024 
5. Terakhir pada Minggu, 4 Februari 2024.

PDAM Makassar