kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Ini Efek Sering Mewarnai Rambut

banner 468x60

KabarMakassar.com — Memiliki penampilan yang menawan adalah sesuatu yang wajib bagi sebagian orang. Selain agar enak dipandang, penampilan yang menawan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Untuk memiliki penampilan yang menawan seseorang akan memperhatikan pakaian, produk perawatan, kebersihan, kerapihan, hingga model dan warna rambut.

Pemprov Sulsel

Bagi sebagian orang memiliki warna rambut khusus yang disenangi dapat meningkatkan rasa percaya diri dan pesona. Tak sedikit pula orang yang menjadi ketagihan mewarnai rambut.

Meski membuat lebih percaya diri, cat rambut memiliki efek samping. Hal ini karena cat rambut mengandung bahan kimia yang dapat merusak rambut.

Pada dasarnya, setiap helai rambut terdiri dari dua bagian yaitu folikel rambut dan batang rambut. Folikel atau akar rambut, terletak di dalam lapisan dermis kulit. Akar rambut ini dikelilingi oleh pembuluh darah yang bertugas memberikan asupan nutrisi untuk rambut. 

Warna rambut berasal dari pigmen melanin yang dibuat oleh sel-sel folikel rambut. Bila produksi melanin menurun atau berhenti, rambut akan berubah menjadi abu-abu atau beruban.

Sementara, penggunaan produk pewarna rambut berbahan kimia dapat menimbulkan efek samping terhadap kesehatan rambut. Cat yang digunakan dapat merusak sel-sel folikel. Berikut ini beberapa efek samping dari pewarnaan rambut:

1. Rambut Rontok

Cat rambut baik yang permanen ataupun semi permanen mengandung peroksida dan amonia. Amonia dapat membuka lapisan permukaan rambut atau kutikula. Ini memungkinkan pewarna dan peroksida untuk masuk hingga menyebabkan perubahan warna. Perubahan warna ini membuat rambut keropos dan lemah, sehingga menjadi penyebab rambut rontok.

2. Alergi

Para-phenylenediamine (PPD) pada pewarna rambut dapat memicu iritasi mata juga dapat menyebabkan timbulnya reaksi alergi, seperti rasa gatal maupun sensasi terbakar di kulit. 

Reaksi tersebut dapat terjadi beberapa bulan atau tahun setelah seseorang menggunakan cat rambut secara berkala. Pada kasus yang parah, reaksi alergi yang muncul dapat berupa kemerahan di kulit kepala yang menjalar hingga ke wajah, leher, bahkan seluruh tubuh.

3. Iritasi Kulit

Hidrogen peroksida dan amonia pada cat rambut dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Reaksi tersebut dapat berupa gatal dan kemerahan ketika terpapar cat rambut. 

4. Perubahan Warna Rambut

Sering menggunakan pewarna rambut untuk jangka waktu yang lebih lama dapat membuat perubahan warna alami rambut secara permanen. Ini disebabkan oleh efek bleaching pada cat. Rambut akan menjadi coklat atau kekuningan karena reaksi dari zat pemutih.

Itu beberapa efek samping dari penggunaan cat rambut. Semoga bermanfaat. 

PDAM Makassar