kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Ini Dia Manfaat Talas Bagi Kesehatan

banner 468x60

KabarToraya.com — Talas merupakan jenis umbi-umbian yang mempunyai nama latin Colocasia esculenta, dimana tumbuhan ini banyak ditemukan di daratan Afrika, Amerika dan Asia. Masyarakat Indonesia mengolah talas dengan beraneka ragam makanan seperti keripik dan kue bolu.

Namun masi banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa talas mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan fungsi organ tubuh, dimana didalam buah talas terdapat antioksida, karbohidrat kompleks, vitamin C, vitamin B, vitamin A, serta mineral zat besi dan tembaga.

Pemprov Sulsel

Berikut beberapa manfaat talas bagi kesehatan dilansir dari Alodokter :

1.    Mencegah penyakit jantung

Manfaat serat tak hanya untuk menjaga kadar gula darah, tapi juga baik untuk memelihara kesehatan jantung. Hal ini berkat kandungan serat, kalium, dan antioksidan yang cukup tinggi pada talas.

Selain itu, kalium di dalam talas juga baik untuk mencegah tekanan darah tinggi. Seperti kita ketahui, tekanan darah tinggi juga berkaitan dengan penyakit jantung.

2.    Meningkatkan kekuatan tulang

Talas ternyata memiliki kandungan kalsium yang terbilang cukup tinggi, bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan tumbuhan sejenisnya, misalnya singkong. Singkong hanya mengandung 15 mg kalsium dalam setiap 100 gramnya. Sedangkan pada porsi yang sama, talas mengandung sekitar 150 mg kalsium.

3.    Menjaga kadar gula tetap normal

Untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, tubuh membutuhkan asupan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat. Salah satunya adalah talas. Selain itu, manfaat talas juga baik untuk menjaga stabilnya gula darah, karena talas memiliki indeks glikemik yang rendah.

4. Mengurangi risiko kanker

Manfaat talas dipercaya dapat mengurangi risiko kanker karena mengandung antioksidan. Beberapa jenis antioksidan yang terdapat dalam talas adalah polifenol, vitamin C, dan vitamin E.

5. Membantu menjaga berat badan

Serat dan karbohidrat dalam talas membutuhkan waktu yang lebih lambat untuk dicerna. Hal ini membuat talas dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Ketika kamu merasa kenyang, maka dorongan untuk ngemil atau mengonsumsi makanan berkalori tinggi juga akan berkurang.

Oleh karena itu, talas dianggap bermanfaat untuk membantu menjaga berat badan. Namun perlu diingat, untuk menjaga berat badan tetap ideal, diperlukan juga pola makan yang sehat dan olahraga yang rutin.

Meskipun talas baik untuk kesehatan, sebelum mengonsumsinya, pastikan talas sudah dicuci hingga bersih dan dimasak hingga benar-benar matang. Jika talas yang kamu konsumsi masih kotor atau kurang matang, kamu justru berisiko mengalami keracunan atau infeksi. Satu hal lagi yang perlu kamu ingat, konsumsilah talas dalam batas wajar.

 

PDAM Makassar