kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

InaTS 2022 Bakal Digelar di Makassar, Ini yang Dibahas!

banner 468x60

KabarMakassar.com — Tim ginjal hipertensi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo Makassar menjadi tuan rumah kegiatan The 6th National Symposium of Indonesian Transplantation Society (InaTS) 2022.

Ketua Panitia, Prof. DR. Dr. Haerani Rasyid, M.Kes, SpPD, K-GH, SpGK mengatakan, kegiatan ini akan dihadiri oleh tim profesional kedokteran dari berbagai wilayah. 

Pemprov Sulsel

"Dengan upaya yang lebih terpadu oleh tim profesional di bidang kedokteran, kesehatan, pendidikan, hukum, sosial, rohaniawan dengan bantuan swadaya masyarakat dan media massa untuk melakukan penyuluhan berkesinambungan kepada masyarakat tentang donasi organ," ungkapnya, Kamis (01/12).

Pihaknya menjelaskan transplantasi di Indonesia sudah mulai dilakukan dengan transplantasi donor hidup seperti transplantasi ginjal, hati, tulang, kulit, kornea dan sum-sum tulang belakang.

Sementara itu, untuk donor jenazah sendiri masih menjumpai sejumlah kendala meski dalam regulasi Undang-undang RI Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan memungkinkan penggunaan donor jenazah di Indonesia.

"Pelaksanaan transplantasi donor hidup sudah dilakukan di Indonesia. Untuk donor jenazah di Indonesia masih menjumpai kendala," sambungnya.

Meski begitu, Pihaknya berharap dengan adanya penyuluhan berkelanjutan transplantasi donor jenazah dapat dilaksanakan di Indonesia dengan melibatkan pemerintah dalam hal ini Komite Nasional Transplantasi Indonesia.

"Sangat penting untuk mewujudkan impian bersama ini dalam waktu yang tidak terlalu lama," ujarnya.

Ketua panitia sekaligus ketua tim transplantasi ginjal RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar itu juga mengaku pihaknya telah berbenah agar transplantasi ginjal dengan donor hidup segera dapat dijalankan pada tahun 2023 mendatang di Makassar.

"Dalam hal ini RSUP DR. Wahidin Sudirohusodo telah berbenah agar transplantasi ginjal dengan donor hidup sudah dapat dijalankan di tahun 2023 di Makassar," pungkasnya.

Untuk diketahui, The 6th National Symposium of Indonesian Transplantation Society (InaTS) 2022, akan berlangsung pada tanggal 3 hingga 4 Desember mendatang di Hotel Universitas Hasanuddin.

PDAM Makassar