kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

IAS, DP dan ASS Bersaing Ketat Rebut PKB

Jelang Pilkada 2024, KPU Jeneponto Buka Rekrutmen 1.092 PPDP
Ilustrasi KabarMakassar
banner 468x60

KabarMakassar.com — Setidaknya ada tiga figur kuat dari lima calon yang ikut bersaing merebut PKB menjelang Pilgub Sulawesi Selatan 2024 yang dihelat 27 Nopember mendatang.

Adalah Ilham Arief Sirajuddin (IAS), Danny Pomanto (DP) dan Andi Sudirman Sulaiman. Adapun dua figur lainnya yang telah mendaftar di PKB yakni Andi Muhammad Bausawa Mappanyukki dan Annar Sampetoding.

Pemprov Sulsel

Menurut Prof Sukri Tamma pengamat politik dari Universitas Hasanuddin Makassar, tiga sosok tokoh itu memiliki peluang yang sama dalam rangka mendapatkan kendaraan partai politik yakni PKB.

Ketiganya sangat mumpuni untuk nantinya salah satunya mendapat tiket usungan di Pilgub Sulsel. Apalagi PKB dibawah komando Muhaimin Iskandar menjadi keputusan terakhir siapa yang nantinya diusungnya.

“Kita tau PKB memiliki 8 kursi hasil pileg 2024 kemarin ya. Hal ini menjadi cukup diincar dalam meraih jumlah kursi yang kemudian mengincar parpol lain untuk memenuhi syarat pasangan Pilgub yakni minimal 18 kursi,”ungkap Prof Sukri Tamma kepada kabarmakassar.com, Selasa (28/5).

“Saya kira pertarungan pilgub sulsel kali sangat dinamis meski pun ASS sudah mendapat tiket dari NasDem bersama Fatmawati Rusdi. Sekarang calon lain merebut parpol yang ujungnya terjadi koalisi,”sambungnya.

Sementara itu, DP PKB Sulsel melalui Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP), Syamsu Rizal menuturkan bahwa saatnini tahapan di partainya, setiap kandidat akan menjalani uji kelayakan dan uji kepatutan.

Partai berlambang bola dunia dikelilingi sembilan bintang itu diketahui punya delapan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulsel hasil Pemilu, Rabu (14/2) lalu.

“Setelah menjalani tahapan pendaftaran dan pengembalian formulir, figur yang mendaftar di PKB akan melalui tahapan selanjutnya yakni uji kelayakan dan kepatutan oleh pengurus DPP PKB di Jakarta,”ucap Deng Ical sapaan Syamsu Rizal.

“Jadi kesempatan pertama akan diberikan kepada Ilham Arief Sirajuddin (IAS) dan Moh Ramdhan Pomanto (Danny). IAS dan Danny akan melakukan presentasi di kantor kantor DPP PKB, Selasa (28/5) hari ini,”tambah anggota DPR RI terpilih itu.

Deng Ical mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan tersebut digelar untuk mengetahui lebih detail mengenai profil bakal calon kepala daerah beserta visi dan misi yang ditawarkan.

Menurut dia, DPP harus punya referensi yang lengkap mengenai sosok yang akan diusung di Pilgub Sulsel 2024.

Sementara itu, sejumlah kandidat juga membidik parpol pemilik kursi di parlemen Sulsel seperti yang gencar dilakukan DP. Dimana Walikota Makassar dua periode itu juga mendaftar di PPP dan PDI Perjuangan.

PDAM Makassar