kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250

Hindari Bau Mulut dengan Cara Ini

Hindari Bau Mulut dengan Cara Ini
Ilustrasi orang mengecek bau mulut (Dok: int)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Bau mulut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, sebut saja karena kebiasaan yang kurang sehat, konsumsi makanan tertentu, serta kurang menjaga kebersihan gigi juga mulut.

Dengan kondisi tersebut mampu memicu rasa tidak percaya diri bagi yang mengalami, serta dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih saat berbicara dengan orang lain.

Pemprov Sulsel

Dilansir dari Alodokter yang menjadi mitra resmi Kementerian Kesehatan, terdapat beberapa cara agar terhindar dari bau mulut.
1. Konsumsi makanan probiotik

Cara menghilangkan bau mulut bisa dengan rutin mengonsumsi probiotik. Contohnya, yoghurt, tempe atau kimchi. Makanan probiotik mengandung bakteri baik yang dapat membantu menyeimbangkan jumlah bakteri baik di dalam mulut dan melawan bakteri penyebab bau mulut.

2. Sikat gigi dengan benar serta rutin

Disarankan untuk sikat gigi 2 kali sehari dengan pasta gigi berflouride dan terapkan cara menyikat gigi yang benar. Sikat seluruh permukaan gigi dan lakukan dengan perlahan setelah sikat gigi baiknya berkumur dengan mouthwash sebagai cara menghilangkan bau mulut.

3. Berhenti merokok

Merokok dapat menurunkan produksi air liur yang mana dapat membuat mulut menjadi kering dan berbau tidak sedap. Kebiasaan yang tidak sehat ini juga berisiko menyebabkan gangguan pada gusi, kerusakan gigi, bahkan kanker mulut.
Jika ingin bau mulut hilang, berhentilah merokok.

4. Tambal gigi berlubang

Menambal gigi berlubang dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut. Gigi berlubang yang tidak mendapat penanganan dapat mengeluarkan bau tidak sedap. Prosedur tambal gigi dilakukan oleh dokter gigi.

PDAM Makassar