kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Hari Kedua Pasca Longsor, Tim Gabungan Pemkab Bulukumba Mulai Dirikan Dapur Umum

banner 468x60

KabarSelatan.idTim Gabungan Pemerintah Kabupaten Bulukumba langsung bergerak cepat Pasca insiden bencana banjir dan longsor yang menerjang sejumlah perkampungan dan Desa di Kecamatan Herlang, Bulukumba, Sulsel pada Rabu 24 Mei 2023 kemarin.

Dimana peristiwa ini merusak 14 rumah warga, jalan hingga jembatan terputus yang disebabkan adanya pergerakan tanah.

Pemprov Sulsel

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Akrim A. Amir beberapa rumah warga tersebut tidak bisa lagi ditinggali sehingga untuk sementara, kami menyiapkan posko dan tenda pengungsian.

"Hari kedua ini kami turun kembali ke lapangan dengan tim terpadu beberapa OPD dengan tugas masing-masing. Antara lain, BPBD, Dinas Sosial dan Baznas membawa serta bantuan logistik dan mendirikan dapur umum," ungkap Akrim Amir, Kamis, (25/5).

Sementara Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman melakukan asesmen terhadap rumah retak tersebut, apakah masih layak ditinggali dan masih bisa dilakukan perbaikan.

Adapun tim dari Dinas PUTR akan melakukan survei di lokasi jalan dan jembatan yang rusak untuk menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) Penanganan Darurat terhadap infrastruktur yang rusak.

"Saat ini SK Bupati tentang Tanggap Darurat juga sementara berproses untuk diterbitkan sebagai acuan dalam pembiayaan, Insyallah hari ini selesai," terang Akrim.

Untuk membuka dan memperbaiki akses jalan akibat longsor, Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf juga sudah memerintahkan untuk menurunkan alat berat ekskavator agar penanganannya lebih mudah melakukan penanganan sementara agar akses jalan bisa dilewati masyarakat.

Berdasarkan data, berikut sejumlah titik yang menjadi lokasi bencana Banjir, Dusun Bassiu, Desa Gunturu, Kecamatan Herlang (menyebabkan jembatan penghubung patah dan runtuh).

2. Dusun Dongi, Desa Manyampa, Kecamatan Ujung Loe (menyebabkan 29 rumah warga dan 1 masjid terendam banjir)

Sementara peristiwa Tanah Longsor berlokasi di Dusun Sappang Desa Borong Kecamatan Herlang (menyebabkan 14 rumah warga retak-retak), Dusun Bontosuka, Desa Bontotangnga, Kecamatan Bontotiro (menyebabkan 2 rumah warga rusak sedang).

PDAM Makassar