kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Harga Cabai Rawit di Makassar Tembus Rp90 Ribu per Kilogram

banner 468x60

KabarMakassar.com — Harga cabai rawit di sejumlah pasar di Kota Makassar meroket naik, tak tanggung-tanggung, kenaikan harganya tembus hingga Rp90 ribu per kilogram.

Salah satunya yang terjadi di Pasar Tradisional Tello, harga cabai rawit dibandrol dengan harga mulai Rp90.000 hingga Rp95.000 per kilogramnya.

Pemprov Sulsel

Padahal biasanya jika kondisi normal harga cabai rawit dijual mulai harga Rp40.000 hingga Rp45.000 per kilogram

Salah satu pedagang, Gaffar mengatakan harga jual yang tinggi terhadap cabai rawit dikarenakan harga jual yang juga tinggi dari pemasok.

Sehingga mau tidak mau, ia juga harus menaikkan harga cabai rawit dari biasanya.

"Memang sekarang ini lombok mahal, kita juga jual karena harganya yang dibelikan mahal," ungkapnya, Senin (27/11).

Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar, Arlin Ariesta menjelaskan kenaikan harga pada bahan pokok cabai rawit disebabkan kurangnya pasokan akibat sejumlah daerah pemasok mengalami gagal panen.

Selain itu, kata dia kurangnya pasokan cabai rawit juga disebabkan karena terdistribusi ke luar pulau dikarenakan harga yang lebih tinggi dibandingkan di dalam daerah.

"Kenaikan harga cabe dipicu oleh kurangnya pasokan, beberapa daerah produksi gagal panen serta beberapa pasokan yg tersedia terdistribusi ke luar pulau karena pengaruh harga diluar daerah yg lebih tinggi," pungkasnya.

PDAM Makassar