kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Gedung Perpustakaan Toraja Utara Resmi Beroperasi

banner 468x60

KabarToraya.com — Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Toraja Utara akhirnya resmi beroperasi. Dimana gedung berkelir biru beraksen khas Tongkonan setinggi tiga lantai tersebut dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti ruang baca, ruang multimedia, ruang literasi, galeri, dan berbagai fasilitas lain. 

Gedung yang berada di alun-alun kota Rantepao ini ditandai dengan berbagai kegiatan dengan pengukuhan Bunda Literasi dan sosialisasi Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM).

Pemprov Sulsel

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang mengaku senang akan hadirnya gedung untuk perpustakaan ini. Hal ini di sampaikan dan menyatakan Pemkab membantu proses belajar dan kegiatan penumbuhkembangkan kebiasaan membaca, khususnya anak-anak pelajar.

"Kehadiran gedung perpustakaan yang mewah tentu akan menambah semangat membaca masyarakat untuk lebih memajukan pembangunan sumber daya manusia di Toraja Utara," kata Bassang melalui Virtual, Kamis (15/6).

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando juga menyampaikan pembangunan perpustakaan merupakan bukti kehadiran Pemerintah dalam membantu mencerdaskan anak bangsa yang telah menjadi komitmen bersama semua pihak.

"Kita sadar, setelah ratusan tahun dijajah, dampak psikologis yang dirasakan masyarakat cukup besar. Penjajahan membentuk para kapitalis berkuasa, paham imperialisme berkembang dan menghasilkan kebodohan yang menjadi pangkal kemiskinan," kata Syarif Bando.

Imbas dari kemiskinan, tambah Syarif, mengakibatkan efek domino ke banyak hal. Seperti akses masyarakat ke pengetahuan tidak terjangkau, skill yang tidak terasah, pemodalan yang kurang, yang dan turut dipengaruhi culture budaya yang malas yang masih dominan.

"Dunia berubah sesuai arah pengetahuan yang kita miliki. Dan pengetahuan yang kita miliki sesuai tingkatan akses kepada bahan bacaan," lanjut Syarif.

Untuk diketahui pembangunan Gedung Layanan  Perpustakaan (GLP) Kabupaten Toraja Utara ini menelan anggaran sebesar Rp 9.321.000.000, yang bersumber dari  dana APBN TA.2022.

PDAM Makassar