kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Ganjaran di Balik Memberi Makanan Untuk Berbuka Puasa

Ganjaran di Balik Memberi Makanan Untuk Berbuka Puasa
(Foto : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pada bulan Ramadan umat muslim berlomba-lomba mencari pahala dalam setiap tindakannya. Salah satunya adalah dengan memberi makan orang yang berpuasa.

Sering kita perhatikan bahwa selama Ramadan banyak masyarakat yang membagikan makanan gratis ataupun takjil ke masjid, musala, bahkan di pinggir jalan.

Pemprov Sulsel

Mengenai hal tersebut ada hal yang dapat menjadi pendorong untuk ikut serta dalam kegiatan pembagian makanan ke masyarakat, yang mana keduanya berasal dari apa yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah dilansir dari laman resmi NU Online.

1. Akan mendapatkan pahala seperti orang yang ia beri makan

Dari Zaid bin Khalid Al Juhani bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Barang siapa memberi makan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa maka ia mendapat seperti pahala orang-orang yang puasa tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun”

2. Akan didoakan malaikat

Dari Abdullah bin Zubair bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam berbuka di rumah Sa’ad bin Mu’adz, Nabi bersabda: “Orang-orang berpuasa telah berbuka di rumahmu, makanan kalian dikonsumsi oleh orang-orang baik, dan malaikat mendoakan Rahmat bagimu”.

Dari dua dalil di atas orang yang mau menyisihkan sedikit hartanya untuk memberi takjil kepada orang yang berpuasa akan mendapatkan dua hal kebaikan, baik itu seperti yang tertera pada hadis pertama maupun hadis kedua di atas.

PDAM Makassar