kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Fisik Belum Lengkap, PKS Pinrang Percaya Diri Daftar Pertama ke KPU

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pinrang resmi mendaftarkan bakal calon anggota legislatif DPRD di kantor KPU Pinrang, Senin (8/5). Meski syarat fisik belum lengkap.

Puluhan kader PKS Pinrang itu diterima langsung oleh Komisioner KPU Pinrang diantaranya Yudiman, Muh Ali Jodding, Subair dan Rustam Betmant.

Pemprov Sulsel

PKS Pinrang merupakan partai pertama secara formal mendaftarkan diri Bacaleg DPRD Pinrang ke KPU Pinrang sejak dibukanya pendaftaran 1 mei 2023.

Komisioner KPU Pinrang Yudiman mengatakan PKS Pinrang merupakan partai pertama mendaftarkan bacalegnya ke KPU Secara formal.

"Hari ini PKS Pinrang pendaftar pertama dari 18 partai yang ada," kata Yudiman kepada KabarBugis.id.

"Namun yang melaporkan secara lisan ada 8 Parpol. Golkar dan Nasdem sudah mengajukan jadwal pendaftaran untuk melaporkan secara langsung ke KPU Pinrang," tambahnya.

Yudiman menambahkan, meski Parpol pertama yang melakukan pendaftaran. PKS Pinrang secara fisik belum lengkap dari 40 bakal calon legislatif yang dilaporkan ke KPU.

"Surat pengajuan menggunakan formulir Model B Pengajuan Parpol dalam bentuk fisik harus disampaikan langsung ke KPU dan secara digital yang diunggah di Sistem Informasi Pencalonan atau Silon. Nah, ini yang belum lengkap, namun secara syarat untuk daftar lengkap, kami masih beri waktu pengajuan hingga 14 mei pukul 23.59 Wita," ungkapnya.

Sementara itu Ketua DPD PKS Pinrang Irwan Hasyim mengatakan pihaknya  melakukan pendaftaran di KPU sebanyak 40 calon legislatif DPRD Pinrang dari 6 dapil.

"Alhamdulillah, hari ini kami daftar 40 calon legislatif di 6 dapil. Laki-laki 24 dan 16 perempuan, ini sudah melebihi batas keterwakilan perempuan," ungkapnya.

Meski tak memenuhi syarat fisik, Irwan Hasyim berjanji akan menindaklanjuti masukan dari KPU Pinrang terkait kelengkapan fisik yang dimaksud.

"Tentu ini harus ada sinkronisasi dengan data pengurus pusat, karena DPP yang menentukan. Namun, secara prosedural data kita sudah lengkap tinggal tunggu. Secepatnya kita akan lengkapi," jelas Irwan.

Meski demikian, kata Irwan PKS Pinrang akan kembali mewarnai pesta demokrasi pada pemilu 2024 di Kabupaten Pinrang. Pada pemilu 2019 lalu PKS Pinrang absen dari pesta Pilcaleg.

"Pemilu 2024 ini PKS Pinrang pastikan akan kembali bertarung untuk memenangkan suara rakyat," ungkapnya.

"Meski, pemilu 2019 lalu kader PKS tidak ada yang maju. Karena periode sebelumnya PKS adalah partai pemenang di Kabupaten Pinrang. Semangat menang itulah yang kembali kita rebut," ujarnya.

PDAM Makassar