kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250

Festival Budaya Ma’rampe-Rampe 2024 Terima 26 Relawan, Jaga Ekosistem Kebudayaan

Festival Budaya Ma'rampe-Rampe 2024 Terima 26 Relawan, Jaga Ekosistem Kebudayaan
(Foto : IST)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Tim Produksi temu kebudayaan Festival Budaya Ma’rampe-Rampe 2024 mengumumkan hasil seleksi penerimaan relawan muda hari ini, Sabtu (04/05).

Sebelumnya, tim produksi membuka dan memanggil para pemuda untuk bersama bergabung menjadi relawan muda dalam kegiatan Festival Budaya Ma’rampe-Rampe 2024.

Pemprov Sulsel

Dengan mengusung tema Kebudayaan Agraris Masyarakat Tana Luwu, Festival Budaya Ma’rampe-Rampe 2024 menjadi upaya menggugah masyarakat untuk kembali mengingat dan membicarakan kebiasaan masa lampau atau budaya lokal.

Melalui program pemanfaatan hasil kelola Dana Abadi Kebudayaan Tahun 2023, Festival Budaya Ma’rampe-Rampe 2024 bakal digelar pada tanggal 18-20 Mei 2024 di Kawasan Bangunan Cagar Budaya Kantor Onderafdeling Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan

Sebagi bagian dari program kampanye budaya, Sanggar Seni Bunga Masamba selalu tim produksi bakal menampilkan berbagai pertunjukan Seni Komunitas Budaya Sulawesi Selatan, Karya Lintas Seni hingga Lokakarya dan eksebisi pangan lokal serta pameran fotografi juga permainan tradisional.

Ketua Sanggar Seni Bunga Masamba, Muhammad Iqbal mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk menciptakan ruang interaksi budaya yang inklusif dan mendorong lahirnya inisiatif-inisiatif masyarakat dalam mewujudkan kegiatan kebudayaan serta menghidupkan dan menjaga ekosistem kebudayaan yang berkelanjutan.

“Mendorong lahirnya inisiatif-inisiatif masyarakat dalam mewujudkan kegiatan-kegiatan kebudayaan yang memiliki nilai kreativitas, inovasi, pewarisan nilai budaya, pelestarian kearifan lokal, memperkuat karakter bangsa dan keragaman budaya serta sikap toleransi antarbudaya”, ungkapnya, Sabtu (04/05).

Ketua Bidang Program Sanggar Seni Bunga Masamba, Ismi Nurazizah menyebut sebanyak 26 Relawan Muda yang terpilih merupakan hasil dari seleksi panitia penyelenggara dengan melihat latar belakang dan pengalaman organisasi.

Selanjutnya, para relawan muda yang terpilih bakal mengikuti Program Peningkatan Kapasitas Tenaga dan Lembaga Kebudayaan pada 15 Mei 2024 mendatang di Aula Lagaligo, Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan

“Lokakarya Peningkatan Kapasitas Tenaga dan Lembaga Kebudayaan
adalah tahapan pra kegiatan Fest Budaya Ma’rampe-rampe 2024. sebagai upaya pembinaan tenaga dan lembaga / komunitas budaya. meliputi upaya-upaya sumber daya manusia dalam meningkatkan dan memperluas peran aktif dan inisiatif masyarakat dalam pemajuan kebudayaan”, ungkapnya

“Pembinaan dilakukan untuk meningkatkan jumlah dan kapasitas pelaku, lembaga, dan pranata kebudayaan. tindak-tindak pembinaan bagi pemajuan kebudayaan diatur pada Pasal 39 dan 40 dalam UU Pemajuan Kebudayaan”, sambungnya

Adapun nantinya para Relawan Muda dan tim produksi Sanggar Seni Bunga Masamba serta lembaga kebudayaan lainnya bakal menerima materi pokok tentang tata kelola Lembaga Kebudayaan dari Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah XIX dan Manajemen Seni Pertunjukan oleh Irvan Dahlan, Direktur Sugi Event Production.

PDAM Makassar