kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250

Fasilitasi Masyarakat Tukar Uang Selama Ramadan, BI Hadirkan Serambi 2024

Fasilitasi Masyarakat Tukar Uang Selama Ramadan, BI Hadirkan Serambi 2024
Suasana Kick Off SERAMBI BI 2024 di Kantor Perwakilan BI Sulsel, Senin (18/03).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Sebagai upaya memfasilitasi masyarakat dalam penukaran uang kecil selama bulan ramadan dan menjelang idul fitri, Bank Indonesia (BI) melaksanakan program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel Rizki Ernadi Wimanda menyebut untuk program ini BI Sulsel menyediakan dana sebesar Rp5,5 triliun untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idulfitri 2024.

Pemprov Sulsel

Angka tersebut meningkat 3,7 persen jika dibandingkan dengan tahun 2023 yang berada pada Rp5,3 triliun.

Menurut Rizki, peningkatan ini terjadi akibat ekonomi yang bertumbuh. Sehingga kebutuhan masyarakat juga ikut tumbuh.

Ia menjelaskan, pemenuhan layanan penarikan uang kartal melalui perbankan bertujuan agar kebutuhan uang kartal khususnya uang pecahan kecil (UPK) dapat dipenuhi di seluruh wilayah di Sulsel dengan dapat segera terdistribusi melalui perbankan di bulan Ramadan dan Idulfitri.

“Pemenuhan kebutuhan uang kartal melalui penarikan bank sudah dilakukan sejak 13 Maret dan bakal berlangsung hingga 5 April 2024,” kata Rizky usai Kick Off Serambi BI 2024, di Kantor Perwakilan BI Sulsel, Jl Sudirman Makassar Senin (18/03).

Diketahui kegiatan ini BI sudah bekerja sama dengan 45 bank se-Sulsel. Di Makassar terdapat 75 titik penukaran uang yang tersebar di berbagai lokasi.

Untuk dapat menukar uang kecil, masyarakat diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu melalui aplikasi pintar yang tersedia di website resmi BI.

Tidak hanya di Kota Makassar, warga yang tinggal di Palopo, Pare-Pare, Bulukumba, dan Bone juga dapat menikmati program Serambi Rupiah ini.

PDAM Makassar