kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Dr Udin Blusukan Cek Warga yang Sakit di Makassar

banner 468x60

KabarMakassar.com — Dewan Pengawas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Makassar, Dr Udin Shaputra Malik melakukan blusukan mengecek kondisi kesehatan warga di Jalan Kapasa Baru, Kapasa Raya, Makassar, Minggu (18/06) sore.

Blusukan itu dilakukan untuk mengecek kondisi kesehatan warga khususnya warga Kapasa Baru yang tengah menjalani perawatan rawat jalan di rumah.

Pemprov Sulsel

"Kita mau menjenguk warga yang dilaporkan sudah lama sakit, jadi kita mau mengecek bagaimana kondisinya dan bagaimana penanganan ke depannya," ungkapnya.

Relawan Dokter Millenial Makassar Recover itu mengunjungi dua warga yang tengah menjalani perawatan di rumah.

Ibu Sauna (83), warga yang pertama dikunjungi menderita riwayat penyakit diabetes dan gondok, ia pun segera melakukan pengecekan kesehatan standar seperti tekanan darah.

Dr Udin menjelaskan dengan riwayat penyakit seperti itu ditambah dengan usia yang termasuk Lansia, mobilitas dan aktivitas ibu Sauna menjadi sangat terbatas sehingga ia meminta pihak keluarga untuk terus memantau kondisi Ibu Sauna dan segera membawa ke rumah sakit apabila terdapat tanda-tanda penurunan kesehatan.

"Apabila seketika pasien mengalami kondisi segera bawa ke rumah sakit dan kita selalu pastikan warga terlindungi dengan jaminan Kesehatan," sambungnya.

Selanjutnya, pasien kedua yakni Ibu Soho (50) menjalani perawatan di rumah pasca menjalani operasi patah tulang akibat kecelakaan.

Dr Udin lantas segera mengecek kondisi kesehatan standar dan memeriksa kondisi kaki Ibu Soho dan memintanya untuk rutin menggerakkan kaki agar tidak kaku dan peredaran darah menjadi lancar.

Ia pun meminta Ibu Soho untuk mendapatkan terapi medis secara berkala dan berkelanjutan di RSUD Daya Kota Makassar.

"Pasien kedua kita temukan warga post kecelakaan. Kita memastikan pasca operasi mendapatkan rehabilitasi berupa terapi medis yang berkala dan berkelanjutan," pungkasnya.

Ia juga meminta para warga untuk rutin mengecek kondisi terutama di RSUD Daya Kota Makassar yang sudah difasilitasi dengan jaminan kesehatan dan fasilitas yang optimal.

"Kita juga mensosialisasikan Rumah Sakit Daya karena fasilitas sudah bagus dan jaminan kesehatan optimal karena disana ada program jaminan kesehatan daerah," jelasnya.

PDAM Makassar