kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

DPD GAMKI Sulsel Gelar Bakti Sosial Kesehatan Di Lembang Ma’kuan Pare

banner 468x60

Kabartoraya.com — Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPD GAMKI) Sulawesi Selatan menggelar bakti sosial kesehatan di Lembang Ma'kuan Pare, Kecamatan Rantebua, Kabupaten Toraja Utara pada 19 Juli 2023 mendatang.

Kegiatan Baksos Kesehatan DPD GAMKI Sulsel ini juga mengadakan pemeriksaan mata secara gratis di Lembang Ma'kuan Pare, dimana tenaga kesehatan juga akan dihadirkan untuk melakukan baksos di daerah tersebut.

Pemprov Sulsel

Kepala Lembang Ma'kuan Pare, Andarias mengaku beryukur dan berterima kasih kepada DPD GAMKI Sulsel terkhusus pada Bidang Kehatan GAMKI Sulsel yang begitu peduli kepada masyarakat di Lembang Ma'kuan pare.

"Kami sangat bersyukur atas kepedulian teman-teman dari DPD GAMKI Sulsel, atas nama masyarakat Ma'kuan Pare kami berterima kasih telah memilih wilayah kami untuk Baksos Kesehatan. Kami menyambut baik akan Baksos yang nantinya akan digelar, kurre sumanga'," kata Andarias.

Ketua DPD GAMKI Sulsel, Albert Palangda mengatakan jika program Baksos Kesehatan ini merupakan bagian dari program kerja DPD GAMKI Sulsel. Berharap kegiatan ini berjalan dengan baik, karena didalamnya kami terjunkan tenaga dokter dan juga tenaga kesehatan lainnya yang ada di Lembang Ma'kuan Pare.

"Ini merupakan bagian dari program kerja kita, dan bersyukur Bidang Kesehatan yang di komandoi Dr Budhi Karoma begitu memiliki respon yang baik, sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan ini, koordinasi yang baik dengan teman-teman dan kepala desa di Ma'kuan Pare di Rantebua. Hal-hal ini yang perlu kita dukung dan berharap kader GAMKI Sulsel juga terus melanjutkan beberapa program-program yang bisa dirasakan masyarakat, terkhusus di wilayah Sulawesi Selatan," kata Albert Palangda.

Sementara itu Ketua Bidang Kesehatan DPD GAMKI Sulsel, dr Budhi Karoma, Sp.M mengatakan kesehatan merupakan hak dasar bagi setiap orang tanpa memandang status ekonomi dan sosial masyarakat. 

"Pelayanan Kesehatan saat ini, juga belum mampu menjangkau seluruh warga masyarakat terutama masyarakat yang kurang mampu. Hal inilah yang menjadi dasar kami untuk mengusulkan program Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan GAMKI Sulsel, yang jika Tuhan berkenan akan dilaksanakan di Lembang Ma'Kuan Pare, di Kecamatan, Rantebua Toraja Utara," kata dr Budhi.

dr Budhi juga menambahkan selain pemeriksaan kesehatan, dan pemeriksaan mata gratis. Tim kesehatan juga mengadakan seminar kesehatan yang menghadirkan dr Fabio Febrian Mujiono, dimana nantinya akan membawakan materi tentang "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, menuju Indonesia Emas 2045". Kemudian dr Sutrisno Papayungan akan membawakan materi tentang "Penggunaan Zat Kimia dalam Pertanian dengan Aman dan Benar". Dan menjadi pemateri lainnya yakni, Mulianti Nelce, S.T yang akan membawakan materi tentang, "Aku dan Anakku:Pentingnya Pendidikan Untuk Anak-anak".

Ketua Panitia Pelaksana Baksos Kesehatan DPD GAMKI Sulsel, dr Sutrisno Papayungan menyampaikan jika tujuan dari kegiatan ini selain sebagai program kerja DPD GAMKI Sulsel juga untuk menjangkau wilayah yang sangat jauh dari perkotaan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan edukasi dari tim kesehatan yang akan datang langsung ke lokasi.

"Intinya kita memberikan pelayanan kesehatan bagi semua warga di Sulsel, terkhusus di Ma'kuan Pare, salah satu lembang yang sangat perlu untuk kami bantu karena adanya koordinasi yang baik dari Kepala Lembang di wilayah tersebut, sehinggah layanan kesehatan serta edukasi penggunaan zat kimia dalam pertanian juga dibutuhkan masyarakat disana, untuk diketahui jika masyarakat disana mayoritas petani," kata dr Sutrisno Papayungan.

Dokter Sutrisno menambahkan, selain itu GAMKI Sulsel juga nantinya memberikan motivasi bagi anak anak di lembang tersebut, bahwa begitu pentingnya dunia pendidikan demi kemajuan lembang mereka disana.

PDAM Makassar