kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Doa Menghilangan Rasa Cemas Berlebihan dalam Islam

Jadwal Shalat Makassar dan Sekitarnya, Senin 10 Juni 2024
Ilustrasi berdoa (Dok : KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Perasaan cemas berlebih dapat dirasakan oleh tiap orang. Tidak tahu kapan dan dimana, perasaan ini dapat tiba-tiba muncul.

Akumulasi dari keseluruhan apa yang dihadapi saat bekerja, menuntut ilmu atau dalam keseharian dalam beraktivas dapat menjadi pemicu kondisi cemas berlebih.

Pemprov Sulsel

Dalam Islam, doa menjadi cara untuk memohon kepada Allah SWT. Sebuah wujud untuk semakin mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

Berikut lafal doa dilansir dari NU online yang bisa diamalkan agar terhindar dari rasa cemas berlebih dalam hidup.

Doa riwayat Ibnu Sinni sebagai berikut:

أعُوذُ بِكَلِماتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقابِهِ وَشَرِّ عِبَادِهِ، وَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّياطِينِ وأنْ يَحْضُرُونِ‏

Latin: A‘ūdzu bi kalimātillāhit tāmmāti min ghadhabihī, wa ‘iqābihī, wa syarri ‘ibādihī, wa min hamazātis syayāthīni wa an yahdhurūn.

Artinya: Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, keburukan hamba-Nya, gangguan setan, dan setan yang hadir.

Doa ini diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani.

سُبْحَانَ المَلِكِ القُدُّوْسِ رَبِّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ  جَلَّلْتَ السَّمَوَاتِ وَ الأرْضَ بالعِزَّةِ والجبَرُوتِ

Latin: Subhānal malikil quddūs, rabbil malā’ikati war rūh, jallaltas samāwāti wal ardha bil ‘izzati wal jabarūt.

Artinya: Mahasuci Tuhan yang Kudus, Tuhan para malaikat dan Jibril. Kau besarkan langit dan bumi dengan kemuliaan dan kekuasaan-Mu.

PDAM Makassar
Penulis: Nofisari RahayuningtyasEditor: Gusti Ridani