kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Diskominfo-SP Sulsel Kolaborasi Sistem Statistik Nasional

Diskominfo-SP Sulsel Kolaborasi Sistem Statistik Nasional
Kepala Diskominfo-SP Provinsi Sulsel, Andi Winarno Eka Putra pada agenda Kolaborasi Sistem Statistik Nasional oleh BPS (Dok : ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Winarno Eka Putra, menghadiri kegiatan Kolaborasi Sistem Statistik Nasional yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di The Stone Hotel, Legian Bali.

Dalam kesempatan ini, Kepala Diskominfo-SP Sulsel didampingi oleh Kepala Bidang Statistik dan Fungsional Statistik pada Diskominfo-SP Sulsel.

Pemprov Sulsel

Kegiatan yang digelar mulai tanggal 9 hingga 12 Juli 2024 ini diikuti oleh BPS Provinsi se Indonesia, Kepala Diskominfo Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik (MIS) BPS Pusat, Imam Machdi.

Dalam kegiatan ini pula dihadirkan diskusi panel dengan narasumber dari Kementerian, diantaranya Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN-RB, Kementerian Kominfo, dan Kementerian PPN/Bappenas.

Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS, Imam Machdi menyampaikan terkait penguatan sistem statistik nasional untuk Indonesia Maju yang berdaulat. Berdasarkan UU Statistik, maka lembaga yang dapat menghasilkan statistik resmi negara adalah penyelenggara statistik dasar dan statistik sektoral selama memenuhi 10 fundamental principles of official statistics.

“Kolaborasi antara BPS dan K/L/D ditujukan untuk memperkuat sistem Statistik Nasional dan menghasilkan statistik resmi negara (official Statistics) yang obyektif, independen, berkualitas dan  terpercaya,” jelas Imam Machdi.

Sementara, Andi Winarno Eka Putra, menyampaikan, dari Dinas Kominfo-SP Sulsel turut hadir dan mendukung untuk kegiatan Kolaborasi Sistem Statistik Nasional. Diskominfo-SP Sulsel sendiri telah berkontribusi terkait pelaksanaan statistik sektoral dalam penata kelolaan dan sudah terintegrasi portal satu data dengan satu data Indonesia.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan komitmen bersama antara Wali Data dan Pembina.

PDAM Makassar