kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250

Disdik Makassar Targetkan 265 Sekolah Terpasang Panel Surya Tahun Ini

Jelang PPDB, Disdik Lakukan Kolaborasi Pastikan Tamatan SMP Lanjut Sekolah
Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Muhyiddin saat ditemui di Balaikota, Senin (22/4).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) mengumumkan rencana pemasangan panel surya di 265 titik sekolah pada tahun ini.

Kepala Disdik Makassar Muhyiddin menyebut pemasangan panel surya pada keseluruhan titik tersebut akan masuk dalam anggaran perubahan nantinya.

Pemprov Sulsel

Ia pun membeberkan kapasitas masing-masing titik ialah sebesar 10 rinu watt. Angka ini cukup besar jika dibandingkan SMP 6 Makassar yang telah lebih dahulu menjadi sekolah uji coba.

“Kalau SMP 6 Kemarin itu uji coba hanya kapasitas 5 ribu watt, jadi nanti kita anggarkan masing-masing sekolah menggunakan kontainer, nanti jadi ada tempat khusus untuk kapasitas 10 ribu,” katanya saat ditemui di Balaikota, Senin (22/4).

Lebih lanjut, Muhyiddin menyebutkan kriteria utama dalam penentuan titik sekolah yang dipasangkan panel surya ialah sekolah sekolah SMP Negeri, ditambah sekolah-sekolah SD yang berada dalam satu Kompleks.

“itu menjadi salah satu kriteria, jadi salah satu komplek SD itu bisa menggunakan kapasitas 10.000,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan berkomitmen menjadikan Kota Makassar sebagai kota dengan karbon rendah atau low carbon city.

Dalam mewujudkan komitmen tersebut, Danny Pomanto, sapaan akrabnya mulai menerapkan energi hijau di Kota Makassar.

Salah satunya, penggunaan panel surya gedung-gedung pemerintahan dan sekolah-sekolah di Kota Makassar. Untuk penggunaan panel surya, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 6 Makassar telah menerapkan hal tersebut.

PDAM Makassar