kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Disdag Laporkan Kenaikan Harga Bahan Pokok di 10 Pasar di Makassar

banner 468x60

KabarMakassar.com — Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar melaporkan kenaikan sejumlah komoditas harga bahan pokok di 10 pasar di Kota Makassar pasca sepekan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Berdasarkan hasil pemantauan dinas perdagangan per hari ini (12/09) sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan dan juga penurunan.

Pemprov Sulsel

Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar, Arlin Ariesta mengatakan pemantauan kenaikan harga dilakukan di 10 pasar tradisional di Kota Makassar untuk melihat fluktuasi kenaikan harga rata-rata bahan pokok.

"Ini fluktuasi harga harian rata-rata 10 pasar," terangnya, Senin (12/09).

Pemantauan tersebut dilakukan di 10 pasar tradisional yakni Pasar Terong,  Pa'baeng-baeng, Maricaya, Panampu, Sentral, Panakkukang, Sawah, Parang Tambung, Tello Baru dan Pasar Sambung Jawa.

Sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan harga tersebut yakni minyak goreng curah dan kemasan dengan kenaikan rata-rata Rp400 hingga Rp500.

Selain itu, daging ayam juga mengalami kenaikan sekitar Rp400 dan telur ayam broiler dan telur ayam kampung naik sekitar Rp20 hingga Rp60 per butir.

Selanjutnya untuk komoditi cabai dan bawang juga mengalami kenaikan yakni cabe merah besar naik hingga Rp3.000 per kilogram dan bawang merah serta bawang putih naik Rp2.000 per kilogram.

Sementara itu untuk komoditi ikan juga mengalami kenaikan dengan rata-rata hingga Rp2500 per ekor dari harga sebelumnya.

Komoditi ketala pohon juga mengalami kenaikan dengan rata-rata Rp3.750 dan komoditi cabai hijau naik dengan rata-rata Rp100.

Adapun komoditi bahan pokok yang mengalami penurunan yakni beras dengan penurunan rata-rata Rp120 dan komiditi gula juga turun sekitar Rp50.

Selain itu daging ayam broiler juga mengalami penurunan rata-rata yakni Rp1.100 dan komoditi cabai keriting dengan rata-rata penurunan Rp500.

Selain itu komoditi kacang tanah dan kacang hijau juga mengalami penurunan rata-rata Rp100 hingga Rp250.

Komoditi ikan asin juga mengalami penurunan rata-rata hingga Rp2.500 per kilogram.

Diketahui kenaikan harga sejumlah komoditas bahan pokok banyak dikeluhkan para pedagang akibat kenaikan harga BBM.

PDAM Makassar