kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Dinas Pertanian Selayar Kolaborasi Bulog Gelar GPM Dua Hari Jelang Idul Adha

banner 468x60

KabarMakassar.com — Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kolaborasi dengan Bulog melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) selama dua hari, 26 hingga 27 Juni 2023, di Taman Pelangi Benteng. 

Gerakan Pangan Murah yang digagas oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI serentak dilaksanakan di 342 titik pada 301 Kabupaten/Kota di Indonesia dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H. 

Pemprov Sulsel

Komoditi yang dijual pada GPM ini adalah beras, minyak goreng, gula, terigu, bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe keriting, cabe rawit, sayuran, telur dan olahan pangan lainx yang harganya lebih rendah dari harga pasar pada umumnya. 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kepulauan Selayar Ir H. Arfang Arif yang turut hadir, dalam sesi wawancara mengatakan dengan adanya Gerakan Pangan Murah (GPM) ini maka masyarakat dapat terbantu dalam pemenuhan kebutuhan pangan menjelang Hari Raya Idul Adha. 

"Tentunya dengan harga yang murah dan terjangkau. Setelah melihat manfaatnya bagi masyarakat, kami mengharapkan agar tahun depan jumlah titik GPM dapat ditambah. Jika memungkinkan dilakukan di setiap kecamatan dengan berkolaborasi bersama Dinas Perdagangan," ucap Arfang Arif. 

Lebih lanjut diharapkan agar kegiatan ini dapat menekan laju inflasi seperti kegiatan pasar murah menjelang idul Fitri yang lalu yang telah mampu menekan laju inflasi pada saat itu.

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI, Arief Prasetyo Adi membenarkan bahwa GPM tersebut serentak dilaksanakan di 342 titik pada 301 Kabupaten/Kota di Indonesia. Hal ini disampaikan Arief Prasetyo saat dirinya melaunching Gerakan Pangan Murah Nasional, di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (26/6).

Sebagai informasi, Gerakan Pangan Murah di Kabupaten Kepulauan Selayar, Selain Asisten Perekonomian dan Pembangunan, turut dihadiri oleh KCP Bulog Selayar Arie Azriana, Dan Unit Intel Dim 1415/ Selayar Letda Inf Ramoddin, Kasatreskrim Polres Selayar Iptu Nurman, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Andi Abdurrahman, SE, M.Si, Plt. Kadis Pertanian Dr. Finriyani Arifin, S.Pi.,M.Si, serta Sekretaris Dinas Pertanian, Agussalim, SP  dan beberapa perwakilan OPD.

PDAM Makassar