kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Dimulai Hari Ini, Vaksin Booster Dipriorotaskan Lansia

banner 468x60

MabarMakassar.com — Program vaksinasi Covid-19 booster atau dosis ketiga dimulai hari ini yang diprioritaskan untuk usia 60 tahun ke atas dan kelompok rentan.

Sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Izin darurat 5 merek vaksin booster juga sudah dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), ia mengatakan mulai tanggal 12 Januri 2021 Pemerintah akan malaksanakan vaksinasi ketiga.

Pemprov Sulsel

“Mulai tanggal 12 Januari 2022 pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan,” ungkapnya melalui kanal youtube Sekretariat Presiden, Rabu (12/01).

Ia menegaskan, pemberian vaksin dosis ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. “Keselamatan rakyat adalah hal yang utama,” bebernya.

Jokowi menambahkan, syarat untuk menerima vakasinasi booster ini yakni penerima sudah menerima vaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya.

“Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Jokowi mewanti-wanti seluruh pihak untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

“Karena vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan merupakan kunci dalam mengatasi pandemi Covid-19,” jelasnya.

Terkait jenis vaksin yang digunakan untuk booster, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use (EUA) untuk 5 jenis vaksin. Kelima vaksin itu adalah vaksin Coronavac PT Bio Farma, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, Zifivax.

Jika anda termasuk kategori penerima vaksin booster Covid-19, kamu bisa melaukan pendaftaran melalui website maupun aplikasi PeduliLindungi. Berikut cara pendaftarannya;

Lewat web PeduliLindungi:
1. Masuk ke wbsite, pedulilindungi
2. Masukkan nama lengkap, NIK, lalu periksa

Lewat aplikasi PeduliLindungi:
1. Buka aplikasi PeduliLindungi
2. Masuk dengan akun yang terdaftar
3. Klik 'profil' dan pilih 'status vaksinasi dan hasil tes COVID-19'
4. Status dan jadwal vaksin booster akan muncul di akun

Cek tiket vaksin melalui menu 'Riwayat dan tiket vaksin'

Jika anda termasuk kelompok prioritas tetapi belum mendapat tiket dan jadwal vaksin booster gratis, anda dapat datang langsung ke fasilitas kesehatan atau lokasi vaksin booster gratis terdekat dengan membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.

Tiga versi kombinasi vaksin booster

Kementerian Kesehatan RI menetapkan 3 versi regime vaksin booster berdasarkan jenis vaksin primer yang diterima pada dosis 1 dan 2. Kombinasi ini selain berdasarkan riset juga menyesuaikan ketersediaan stok. Berikut kombinasinya:

1. Regime 1
Vaksin Primer (dosis 1-2) Sinovac; mendapat Booster 1/2 dosis (half dose) Pfizer

2. Regime 2
Vaksin Primer (dosis 1-2) Sinovac; mendapat Booster 1/2 dosis (half dose) AstraZeneca

3. Regime 3
Vaksin Primer (dosis 1-2) AstraZeneca; mendapat Booster 1/2 dosis (half dose) Moderna.

 

PDAM Makassar