kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Dies Natalis, HMI Cabang Pinrang Gelar Dialog Demokrasi

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pinrang menggelar Dialog Demokrasi. Dialog demokrasi itu merupakan kolaborasi untuk mewujudkan pemilu berintegritas pada Pemilu 2024 mendatang digelar di ballroom MS Hotel Pinrang, Senin (6/2) malam.

Dialog demokrasi tersebut tersebut juga dalam rangka Dies Natalis HMI ke 76. Hadir sebagai narasumber Ketua KPU Pinrang Alamsyah, Ketua Bawaslu Pinrang Andi Fitriani Bakri, Dandim 1404 Pinrang Letkol Inf Aris Barunawan dan Kapolres Pinrang AKBP Santiaji Kartasasmita, Ketua Badko HMI Sulselbar Rudi Hartono sebagai pembanding yang dipandu oleh Advokat Baharuddin SH.

Pemprov Sulsel

Ketua Umum HMI Cabang Pinrang, Hasan mengatakan HMI dilahirkan pada 5 Februari 1947 atau dua tahun setelah proklamasi kemerdekaan dengan dua tujuan utama yakni mempertahankan dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia serta menegakkan dan mengembangkan ajaran agama Islam.

Ia mengaku HMI telah melahirkan ratusan ribu kader di seluruh Indonesia dan mendistribusikan diri ke berbagai sektor baik di pemerintahan, swasta, pengusaha hingga ke sektor perpolitikan.

"HMI telah ikut andil dalam mempertahankan kemerdekaan dan ikut andil dalam kemajuan bangsa dan negara Indonesia. Tentu dalam setiap momen HMI turut hadir dalam mengawal pesta demokrasi," kata Hasan.

"Melalui forum dialog ini kami sampaikan HMI Cabang Pinrang akan ikut andil dalam mengawasi pelaksanaan pemilu serentak 2024 mendatang," tambahnya.

Ia berharap kader HMI ikut berpartisipasi untuk mensukseskan pemilu serentak 2024 mendatang serta menghimbau kader HMI Cabang Pinrang agar tidak ikut dalam politik praktis. 

Ketua Umum KAHMI Pinrang, Syamsumarlin mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya berharap kader HMI senantiasa berkhidmat untuk masa depan peradaban bangsa dan negara.

Selain itu, Syamsumarlin menyampaikan dalam waktu dekat pihaknya akan menghadirkan Graha Insan Cita atau wadah berhimpun bagi HMI dan KAHMI Pinrang.

"Melalui forum ini kami sampaikan HMI dan KAHMI akan menghadirkan Graha insan cita atau sekretariat permanen. Tanahnya sudah ada, tentu kita berharap semua pihak turut andil dalam proses pembangunan selanjutnya sebagai wadah pengembangan kaderisasi HMI tentunya," ungkapnya.

Sementata itu, Bupati Pinrang melalui Sekertaris Daerah Pinrang, Ir Budaya Hamid menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Pinrang, mengucapkan selamat Milad ke-76 HMI. 

"Semoga HMI dapat meningkatkan peran aktifnya dalam mengabdi kepada umat, bangsa dan negara. Tetap teguh memegang komitmennya untuk meraih kejayaan Islam, kemajuan intelektual, serta solidaritas kebangsaan dan kemanusiaan," kata Budaya Hamid yang juga sebagai Dewan Penasehat KAHMI Pinrang itu.

Sekda berharap dalam lingkungan kebangsaan yang terus mengalami dinamika dan perubahan, HMI tetap mampu memerankan diri dan memberi kontribusi kepada kemajuan masyarakat dan bangsa Indonesia secara produktif.

Andi Budaya menyampaikan bahwa sangat tepat mengangkat tema Dialog Kebangsaan ini yakni "Kolaborasi Wujudkan Pemilu Berintegritas Tahun 2024." mengingat pelaksanaan Pemilu sudah dekat, dan tahun 2023 ini juga sudah masuk tahun politik, dimana beberapa tahapan pemilu akan dimulai.

Dalam mewujudkan pemilu maupun Pilkada yang berkualitas dan berintegritas, dibutuhkan komitmen yang kuat kepada semua pihak. Harapannya adalah semua pihak turut terlibat dalam mensukseskan Pemilu 2024 mendatang sesuai hak dan kewenangannya masing-masing.

"Insya Allah Pemerintah Daerah bersama HMI dan organisasi pemuda dan masyarakat lainnya akan tetap bersinergi untuk dapat menjadi penghela pencerdasan, pencerahan, dan perubahan peradaban, terutama di Bumi Lasinrang yang kita cintai ini," ujarnya.

PDAM Makassar